Moms, Coba Cek Lingkar Pinggang Anda! Jika Lebih dari 87 Cm Berisiko Kena Penyakit Jantung

By Saeful Imam, Kamis, 30 Agustus 2018 | 20:30 WIB
Orang dengan berat badan (Istock)

Nakita.id - Banyak Moms yang takut terkena penyakit jantung. 

Tidak sedikit juga dari mereka yang mencoba menghindarinya dengan berbagai cara. 

Ada pula yang mencoba melakukan berbagai upaya deteksi untuk mendeteksinya. 

Nah, bila itu yang terjadi, tidak ada salahnya bila Moms mengutip riset dari Intermountain Medical Center Heart Institute di Salt Lake City. 

BACA JUGA : Banyak Dikonsumsi, Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol ini Dapat Memicu Sakit Jantung

Berdasarkan penelitiannya, penyakit jantung dapat dideteksi dengan cara mengukur lingkar pinggang Moms. 

Ternyata, ukuran lingkar pinggang lebih akurat mendeteksi dibandingkan dengan menghitung berat badan atau mengukur indeks massa tubuh. 

Lebih lanjut penelitian ini mengungkap, ada sampel penelitian sebanyak  200 pria dan wanita yang mengidap diabetes tipe 1 dan 2 mengikuti pengukuran lingkar pinggang, berat badan, dan indeks massa tubuh mereka dalam penelitian ini.

BACA JUGA : Waspada! Kerutan di Dahi Tanda Awal Penyakit Jantung dan Stroke

Meskipun diabetes disebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, saat mengikuti penelitian ini para responden tidak menunjukkan gejala penyakit jantung apa pun.

Mengapa hal ini terjadi, salah satu ahli jantung dari Texas, Dr. Sarah Samaan mengatakan, , lemak di area perut jauh lebih berisiko terhadap penyakit jantung daripada lemak di bagian tubuh lain.

"Lemak perut memproduksi substansi peradangan yang luas, dan jauh lebih berhubungan dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, daripada tipe lemak yang lain," ujar Samaan, yang tidak terlibat dengan penelitian tersebut.