Manfaat Bayi Menjatuhkan Benda, Bisa Jadi Sarana Pembelajaran Bayi dan Orangtua

By Ipoel , Selasa, 4 September 2012 | 22:00 WIB
Bila bayi menjatuhkan benda bisa bermanfaat untuk proses pembelajaran. (Pixabay)

Nakita.id - Apa manfaat bayi menjatuhkan benda-benda bagi perkembangan bayi? Pertama, bayi belajar mengenai hubungan sebab-akibat.

Saat melakukan aktivitas tersebut, bayi sebetulnya sedang bereksperimen dan belajar memahami respons orang lain. Coba saja perhatikan, bukankah setiap kali menjatuhkan sesuatu ia akan mengamati respons yang diberikan lingkungannya? "Ih... kalau aku jatuhkan mainan ini ternyata Moms ketawa-tawa, lo.Tapi kenapa si Mbak malah marah-marah, ya?"

Atau, "Lucu ya. Masa kalau aku jatuhkan mainanku kok si Mbak dan Mama pasti komentar ‘Aduh Adek, kok mainannya dijatuhin melulu sih!’ Makanya aku jadi ketawa-tawa seneng lihat reaksi mereka." Begitu kira-kira yang ada di pikiran si kecil.

Baca Juga: Perkembangan Anak, Sigap Memberikan Respons Pada Bayi Akan Membentuk Kemandirian Anak Bukan Sifat Manja

Kedua, bayi akan menyadari bahwa setiap benda (yang dijatuhkannya) berbeda-beda, baik bentuk maupun warnanya.

Dengan dilempar/dijatuhkan, benda-benda yang berbeda tadi pasti akan mengeluarkan bunyi, ada yang cukup keras, tapi ada juga yang pelan. Nah, semakin banyak ia mengamati kejadian di sekitarnya, semakin bertambah luas pengetahuannya. 

Bayi pun belajar bahwa sesuatu yang dilakukan dapat memunculkan kejadian yang menyenangkan. Dalam hal ini bunyi benda jatuh dengan perilaku/komentar "lucu" ibu atau pengasuh ketika mengambilkan benda yang jatuh.