Manfaat Bermain Cilukba untuk Bayi

By Ipoel , Senin, 16 April 2012 | 23:00 WIB
Cilukba... (Ipoel )

Nakita.id - Meski sederhana, bermain cilukba ini sangat bermanfaat untuk bayi.

Di antaranya:

1. Interaksi dengan orangtua saat melakukan aktivitas ini bermanfaat untuk mengenalkan intonasi suara serta belajar kosa-kata baru.

2. Selain itu bayi belajar urutan, misalnya orang yang mengajaknya bermain setelah menutup muka lalu membukanya sambil berseru, “Baaa...”. Aktivitas ini akan membuatnya gembira.

3. Bila bayi sudah bisa meraih tangan/benda yang digunakan untuk menutup muka, biarkan ia meraihnya, ini bermanfaat untuk mengajarkannya mengenal tekstur serta bentuk.

Cara melakukannya:

Baringkan bayi di tempat yang nyaman, bisa juga setelah mengganti popok/pakaiannya.

Posisikan muka orangtua berhadapan dengan muka bayi, tutup muka sejenak dengan tangan/benda lain, setelah itu buka dan perlihatkan mimik gembira.

Kegembiraan ini akan menular pada bayi bahkan bisa membuatnya terkekeh-kekeh.

Menurut Piaget, ahli psikologi perkembangan, orangtua yang menyisihkan waktu untuk bermain dengan anak dapat membantu mengasah keterampilan bersosialisasi dan kecerdasan Si Kecil.

Bermain bersama orangtua memungkinkan terjadinya proses pengenalan nilai-nilai positif (value transfers) sehingga anak tak hanya sekedar merasa senang karena bermain, tapi juha akan menerima nilai-nilai positif.

Misalnya, mengenal perbedaan antara baik dan buruk, menjunjung tinggi sportivitas, semangat bekerja sama, dan membangun nilai-nilai pertemanan.