Makanan yang Tepat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

By Gisela Niken, Rabu, 14 September 2016 | 05:00 WIB
Aneka sayuran berwarna warni menjadi makanan untuk ibu hamil trimester pertama (Foto: live strong) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat mengetahui Mama hamil, pastinya Mama ingin memberikan yang terbaik untuk si kecil. Salah satu cara menjaga kesehatan dan tumbuh kembangnya tentu dengan menjaga makanan terutama pada saat trimester pertama. Pada masa ini, organ pentingnya sedang berkembang sehingga nutrisi yang ia dapatkan haruslah cukup dan sesuai. Berikut aneka makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang sangat baik untuk tumbuh kembang janin.

Baca juga: 5 jenis makanan yang baik untuk ibu hamil

1.Buah

Selama satu hari minimal Mama perlu mengonsumsi 1 porsi buah. Saat mengonsumsi buah, Mama lebih baik memilih buah segar atau buah potong. Hindari mengonsumsi buah dengan jus yang telah dicampur gula. Mama bisa memilih buah seperti apel, jeruk dan pisang sebagai rekomendasi buah yang cocok untuk dikonsumsi ibu hamil saat trimester pertama kehamilan.

2.Sayuran

Asam folat menjadi kandungan penting bagi ibu hamil untuk mencegah cacat janin. Setiap waktu makan pastikan Mama memasukkan sayuran ke dalam menu. Pilih sayuran dengan warna pelangi untuk memastikan nutrisi yang pas. Apa itu sayuran wanra pelangi? Mama pelru mengonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, kuning seperti jagung, merah seperti tomat dan lain-lain.

Baca juga: Kapan makanan pedas harus dihindari ibu hamil?

3.Susu

Minum susu minimal 2 gelas per hari akan menyediakan kalsium yang dibutuhkan. Janin membutuhkan kalsium untuk menjaga tulangnya yang kuat. Jika ingin menurangi kalori, coba konsumsi susu rendah lemak. Bagaimana jika Mama mengalami alergi susu? Pilih bahan-bahan yang diperkaya kalsium seperti kedelai. Makan olahan susu seperti yogurt juga sangat baik untuk Mama konsumsi.

4.Daging

Daging untuk hamil sebaiknya menghindari dimasak dengan lemak. Daging sapi, unggas hingga ikan bisa Mama konsumsi setiap kali makan. Telur atau kacang-kacangan juga dapat mengganti posisi daging yang memiliki kandungan protein tinggi. Saat hamil, pastikan Mama mengolah makanan ini sampai matang. Bakteri dalam daging dapat mengancam kesehatan Mama dan janin.

Baca juga: 5 kesalahan makan yang sering dilakukan ibu hamil

5.Biji-bijian

Biji-bijian ini tidak hanya berupa kacang-kacangan. Gandum juga perlu Mama hamil konsumsi. Makanan dari biji mengandung serat yang tinggi sehingga memperlancar saluran pencernaan. Makanan untuk ibu hamil trimester pertama ini dapat mencegah Mama mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit.