Cara Mencegah Gigitan Nyamuk pada Ibu Hamil

By Gisela Niken, Jumat, 16 September 2016 | 06:45 WIB
Untuk mencegah gigitan nyamuk pada ibu hamil, Mama harus memilih obat anti-nyamuk yang aman (Foto: Fox 61) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Digigit nyamuk menjadi hal yang lumrah terjadi apalagi di negara tropis seperti Indonesia. Sayangnya, ada banyak penyakit berbahaya yang dibawa oleh nyamuk. Mulai dari penyakit demam berdarah hingga virus yang baru-baru ini muncul, Zika. Mama yang sedang hamil juga sangat berpotensi untuk terkena gigitan nyamuk. Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mencegah gigitan nyamuk pada ibu hamil.

Baca juga: Virus Zika, Virus baru yang ditularkan nyamuk

Wanita hamil ternyata lebih menarik bagi nyamuk. Saat hamil, seseorang lebih banyak bernapas karena beban tubuh yang semakin berat. Nyamuk sangat tertarik pada karbon dioksida, artinya ibu hamil menjadi lebih mungkin digit nyamuk. Selain itu, Mama hamil memiliki suhu yang lebih hangat. Nyamuk jadi lebih terpancing untuk menempel pada kulit dan menggigit. Dengan kondisi ini, Mama hamil perlu waspada ya. Apalagi, penyebaran virus Zika sudah masuk ke Indonesia dan sangat mengancam pertumbuhan janin.

Baca juga: Basmi nyamuk dengan perangkap ini, murah, efisien dan efektif! 

Untuk itu, Mama hamil perlu mewaspadai penyakit dari gigitan nyamuk. Mama perlu memerhatikan pakaian yang digunakan terutama saat berada di luar rumah. Usahakan menggunakan pakaian berwarna terang. Nyamuk sangat menyukai warna-warna gelap. Saat keluar, Mama juga perlu menggunakan pakaian dengan lengan panjang serta celana panjang.  Pakaian yang lebih longgar juga dibutuhkan untuk menghindari gigitan nyamuk.

Baca juga: 5 alasan yang membuat anak lebih disukai nyamuk

Apakah ibu hamil boleh menggunakan lotion atau obat anti-nyamuk? Ada baiknya Mama memilih merk yang aman dan penggunaan yang tidak terlalu banyak. Bahan kimia yang menempel pada kulit sangat mungkin masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori. Jadi, ada baiknya Mama bertanya pada dokter produk mana yang aman untuk digunakan.

Mencegah gigitan nyamuk pada ibu hamil juga bisa dilakukan dengan menjaga lingkungan sekitar. Misalnya jauhi kubangan air atau tumpukan barang bekas yang tidak diperlukan. Saat berada di luar rumah seperti sedang berkemah atau melakukan aktivitas lainnya ada baiknya Mama menyalakan obor atau api unggun untuk mengusir nyamuk.