5 Posisi Menyusui yang Nyaman untuk Mama

By Dini Felicitas, Jumat, 16 September 2016 | 07:00 WIB
Saat menyusui, yang perlu diperhatikan adalah posisi dan perlekatan. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Kala menyusui bayi, yang perlu diperhatikan adalah posisi dan pelekatan. Yang dimaksud “posisi” adalah bagaimana Mama meletakkan bayi pada saat menyusui. Sedangkan “pelekatan” adalah bagaimana bayi memasukkan sebagian payudara Mama ke dalam mulutnya pada saat menyusu.

Ini dia posisi menyusui yang nyaman bagi Mama dan si kecil:

Cradle Hold Adalah posisi menyusui menggunakan lengan pada sisi yang sama dengan payudara. Kepala bayi ditopang lengan bawah Mama, bukan siku, agar mulut bayi bisa berhadapan dengan puting.

Cross Cradle Hold Adalah posisi menyusui menggunakan lengan yang bersilangan dengan payudara. Cocok untuk bayi yang sangat kecil karena berat lahirnya rendah (kurang dari 2.500 gram), bayi sakit/cacat, atau jika Mama memang menyukai posisi menyusui ini.

Reclining Posisi bersandar bisa dipakai jika bayi sukar melekat pada payudara atau jika bayi terus menangis dan tidak bisa istirahat. Posisi ini dapat menenangkan bayi dengan membiarkannya menemukan sendiri puting payudara Mama. Caranya: Mama setengah berbaring dan bersandar dengan ditopang bantal. tengkurapkan bayi di atas tubuh Mama agar terjadi kontak kulit. Biarkan dada Mama terbuka dan bayi pun cukup memakai popok saja. Posisi ini sering disebut juga "biological nurturing".

Berbaring menyamping Posisi menyusui ini bisa digunakan saat Mama ingin menyusui sambil berbaring. Nyaman untuk Mama pasca-sesar atau Mama yang sedang lelah.

Football Adalah posisi menyusui di bawah lengan (football). Nyaman untuk menyusui bayi kembar. Baik untuk mengatasi saluran ASI yang tersumbat, untuk bayi kecil yang berat lahirnya rendah (kurang dari 2.500 gram), atau jika Mama memang menyukai posisi ini.

Nah, itulah posisi menyusui yang nyaman bagi Mama dan si kecil. Silakan mencoba, ya, Mam.

Sumber Gambar: Modul Pelatihan Konseling Menyusui 40 Jam WHO, UNICEF