5 Gangguan Saat Hamil yang Umum Terjadi Serta Solusinya

By Gisela Niken, Kamis, 22 September 2016 | 00:15 WIB
Kiat Mencegah Anemia Saat Hamil (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Saat hamil ada banyak perubahan yang Mama alami. Salah satunya adalah gangguan pada tubuh yang kerap membuat Mama tidak nyaman. Tak perlu khawatir sebab gangguan saat hamil ini memang normal terjadi. Ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi kondisi ini.

1.Nyeri tubuh

Nyeri akan dirasakan di seluruh tubuh. Mulai dari paha, pangkal paha, perut dan punggung. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh pertumbuhan janin yang diikuti dengan peningkatan berat badan. Sendi-sendi di tubuh menjadi lebih longgar dan tubuh mulai menyesuaikan diri untuk menerima pertumbuhan janin. Cara paling tepat untuk mengatasinya adalah beristirahat dan berbaring. Mengompres bagian tubuh yang nyeri dengan air hangat juga direkomendasikan.

Baca juga: Gangguan kesehatan gigi dan mulut saat hamil

2.Perubahan payudara

Sepanjang kehamilan, Mama akan mengalami peningkatan ukuran. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dan produksi ASI. Bahkan beberapa Mama akan melihat ASI keluar saat menginjak trimester ketiga. Obat terbaik untuk gangguan ini adalah memilih bra yang tepat saat hamil dan menggunakan bantalan bra untuk menyerap kebocoran ASI.

3. Sembelit

Sembelit biasanya terjadi karena peningkatan hormon. Hormon akan mengendurkan otot usus dan memperlambat sistem pencernaan. Kondisi ini yang menjadi penyebab sembelit kala hamil. Sembelit diperparah dengan perkembangan janin yang menekan perut. Untuk mengatasinya Mama perlu banyak minum air dan makan makanan berserat. Hindari pula mengonsumsi kafein.

Baca juga: Aneka gangguan kehamilan di trimester 2

4.Kelelahan

Pada trimester pertama, Mama hamil bisa saja menjadi sangat lelah meskipun telah banyak beristirahat. Kondisi lelah ini biasanya membaik pada trimester kedua dan kembali lelah saat menginjak trimester ketiga. Cara paling ampuh untuk mengatasi kondisi ini adalah memperbanyak waktu tidur. Cobalah untuk tidur di sisi kiri dan tidur menggunakan bantal di perut agar lebih nyaman. Tidur lebih awal di malam hari dan menyelipkan waktu tidur di siang hari sangat membantu.

Baca juga: 4 gangguan pencernaan saat hamil

5.Stretch mark dan gangguan kulit

Stretch mark memang jadi gangguan saat hamil yang umum terjadi. Tubuh yang semakin melebar membuat kulit seakan ditarik dan membuat noda-noda stretch mark. Selain itu, warna kulit juga bisa berubah menjadi kecoklatan atau munculnya noda-noda hitam akibat perubahan hormon. Untuk mengatasinya, Mama bisa menggunakan bahan alami seperti madu, putih telur, lemon serta lidah buaya. Cukup oleskan bahan tersebut pada area kulit yang memiliki masalah saat hamil.