Cerita Sutopo Purwo Nugroho Saat Idap Kanker Paru, Berawal dari Nyeri & Batuk Tak Kunjung Sembuh!

By Rosiana Chozanah, Rabu, 3 Oktober 2018 | 15:03 WIB
Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengidp kanker stadium 4B (Kompas.com/INDRA AKUNTONO)

Nakita.id - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Puwo Nugroho, dikabarkan tengah mengidap penyakit yang cukup serius, yaitu kanker paru.

Dan sayangnya, kanker yang diidap Sutopo sudah sampai di stadium 4B.

Meski begitu, Sutopo hingga kini tetap bekerja melayani masyarakat dan menginformasikan perihal bencana yang sedang terjadi di Sulawesi Tengah dan lainnya dengan tepat waktu.

Baca Juga : Salut, Kepala Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Derita Kanker Paru Stadium 4 Tapi Masih Update Berita Gempa Palu

Seperti yang pernah disampaikannya melalui cuitannya di akun Twitter pribadi, @Sutopo_PN.

"Meski kanker paru stadium 4B, saya tetap berusaha melayani media dan masyarakat dengan baik. Untuk rekan penyintas kanker. Jangan patah semangat. Tetap sabar, kerja dan berdoa. Hidup itu bukan panjang-pendeknya usia. Tapi  seberapa besar kita dapat membantu orang lain," tulisnya.

Ternyata, sebelum Sutopo mengadakan konferensi pers pada Senin (1/10/2018) kemarin di depan 135 orang dari berbagai media, ia sempat mendapat perawatan insentif.

Hal itu disampaikan Sutopo melalui akun Twitternya.

"Selesai infus di rumah sakit langsung konferensi pers di depan 135 orang media asing dan nasional. Rasanya sedang memberikan kuliah umum di depan mahasiswa dari berbagai media. Selalu saya sisipkan pengetahuan baru tentang kebencanaan, gempa, geoscience, tsunami dll," tuturnya melalui cuitan di Twitter.

Ternyata, kanker ini sudah diidap Sutopo sudah sejak lama, dan baru divonis pada 17 Januari 2018 lalu.