Trik Agar Anak Tidur Nyenyak untuk Usia 1 Hingga 2 Tahun

By Gisela Niken, Kamis, 22 September 2016 | 06:45 WIB
Manfaat Tidur Bagi Anak (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Tidur menjadi hal yang penting untuk kesehatan anak di masa tumbuh kembangnya. Terkadang banyak orangtua yang abai mengenai pola tidur anak. Padahal tidur dapat membantu perkembangan otak hingga fisiknya. Bagi Mama yang memiliki anak usia 1 hingga 2 tahun, ada baiknya mencoba cara agar anak tidur nyenyak berikut ini sebagai langkah tepat untuk menjaga kesehatannya.

Baca juga: 4 cara agar anak tidur nyenyak

Pada usia ini anak perlu tidur 11 jam pada malam hari dan satu hingga tiga jam tidur sore. Biasanya jumlah jam tidur siang akan berkurang saat anak berusia dua tahun. Langkah pertama yang perlu Mama lakukan adalah membiasakan anak untuk tertidur sendiri. Jangan biasakan memberinya susu atau menggendongnya agar tidur. Hal ini akan membuat anak tidak terbiasa mencoba tidur saat terbangun di tengah malam.

Sebelum tidur, ada baiknya Mama memberikan kebebasan untuknya memilih rutinitas tidur. Di usia ini anak cenderung sudah bisa memilih apa yang ingin lakukan. Biarkan ia memilih pakaian tidurnya atau cerita yang ingin ia dengarkan sebelum tidur. Anak di usia ini juga sangat rentan mengalami gangguan tidur. Saat tidur, si kecil sangat mungkin mengalami mimpi buruk atau ganggaun tidur lainnya. Agar anak tidur nyenyak ada beberapa hal yang perlu Mama lakukan.

Baca juga: Perlukah anak tidur siang?

Ukuran dan posisi kasur sangat berpengaruh. Berikan ia kasur yang sesuai dengan ukuran tubuhnya dengan posisi yang tidak terlalu tinggi. Kasur yang berukuran terlalu besar membuat anak merasa tidak nyaman. Singkirkan pula mainan atau barang-barang yang tidak penting di sekitar kasur. Kondisi ini akan menganggu usahanya untuk tertidur dan berisiko membuatnya cedera.

Baca juga: Ternyata, ini 5 penyebab anak susah tidur

Cara agar anak tidur nyenyak lainnya adalah menjaga keamanan anak saat tidur. Maka dari itu, penting bagi Mama untuk memilih tempat tidur yang pas. Anak di usia ini sangat rentan untuk bangun dari tidurnya dan melakukan gerakan tidak terduga. Suasana yang tenang dan menyenangkan juga menjadi kunci agar anak bisa tidur nyenyak.