Ditemukan, Enzim Yang Dapat Mengubah Semua Golongan Darah Menjadi Golongan Darah O

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 4 Oktober 2018 | 11:11 WIB
Karena sifatnya yang universal dan kompatibel, pemilik golongan darah O sering dicari sebagai donor. (Getty Images)

Nakita.id.- Moms yang memiliki golongan darah O mungkin boleh bangga karena sering disebut donor universal akibat mereka bisa menyumbangkan darahnya ke golongan mana saja.

Sebabnya, individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B.

Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah A ,B, O, bahkan AB, apa pun dan disebut donor universal.

Baca Juga : Ternyata, Golongan Darah Ini Paling Berisiko Mengalami Serangan Jantung!

Karena sifatnya yang universal dan kompatibel, pemilik golongan darah O sering dicari sebagai donor. Pun, dunia banyak didominasi oleh populasi golongan darah O sehingga kebutuhan juga meningkat.

Masalahnya, golongan O dapat mendonorkan darahnya kepada golongan mana saja, tapi mereka tidak bisa menerima darah dari golongan lain.

Makanya, kebutuhan darah dengan golongan O diyakini akan terus bertambah.

Menghadapi fakta ini, sejumlah ilmuwan mengadakan penelitian dan akhirnya menemukan, enzim bakteri tertentu mungkin dapat diandalkan mengkonversi semua jenis darah ke tipe O.

Baca Juga : Studi: 1 Dari 2 Perempuan Berisiko Alami Demensia Di Masa Tua!

Penemuan berharga ini bisa mengurangi kekurangan darah global dengan memproduksi lebih dari jenis yang hampir universal kompatibel (golongan O).