Kenali Macam-macam Masalah Kesehatan Dari Warna dan Bentuk Feses Bayi

By Fadhila Auliya Widiaputri, Jumat, 5 Oktober 2018 | 18:32 WIB
Kenali warna dan bentuk feses bayi yang dapat menjelaskan kesehatannya (iStockphoto)

Nakita.id - Warna feses, kotoran, atau 'poop' bayi bisa menjadi salah satu indikator kesehatannya. 

Moms sebaiknya memperhatikan betul warna dan bentuk feses bayi selama tahun pertama kehidupannya, terutama saat pola makan mereka berubah.

Bayi yang diberi ASI biasanya memiliki feses berwarna kuning seperti krim pasta dan mungkin mengandung sesuatu mirip biji.

Warna feses bayi akan berubah sesuai dengan yang dikonsumsinya, proses matang sempurnanya saluran pencernaan, serta pengaruh bakteri normal yang ada di dalam pencernaannya.

Baca Juga : Berita Kesehatan: Alami Mual Muntah Berat Alias Hiperemesis Gravidarum, Berat Badan Eva Anindita Turun 6Kg Saat Hamil

Sedangkan bayi yang diberi susu formula atau campuran ASI-formula biasanya memiliki feses berwarna kuning lebih gelap atau kuning tua agak cokelat, cokelat tua, atau cokelat kehijauan.

Mereka biasanya cenderung sembelit dan tegang saat buang air besar sehingga mereka memiliki feses yang jarang dan keras.Setelah mengonsumsi MPASI, warna fesesnya sesuai dengan apa yang dimakannya.

Misal, sehabis mengonsumsi bayam atau buncis fesesnya akan hijau, kalau mengonsumsi wortel, fesesnya akan berwarna oranye atau kuning.

Baca Juga : Berita Kesehatan: Kisah Perjuangan Persalinan Winda Viska, Urin Sudah Berwarna Merah Akibat Preeklamsia