Turut Prihatin, Ratu Elizabeth II Sumbang Puluhan Miliar untuk Palu!

By Salmaa Awwaabiin, Jumat, 5 Oktober 2018 | 16:36 WIB
Sumber kekayaan ratu Elizabeth II (manager.bg)

Nakita.id - Gempa dan tsunami yang melanda Palu, Sigi, Donggala dan sekitarnya mencuri perhatian dunia.

Pasalnya, bencana besar itu seperti tak pernah diperkirakan hingga membuat semua orang terheran.

Bahkan peneliti-peneliti kelas duniapun turut geleng-geleng kepala melihat dahsyatnya gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah satu minggu yang lalu (28/09/2018).

Baca Juga : Kisah Pilot Batik Air, Berhasil Terbangkan Pesawat Tepat Saat Gempa Palu, Rekam Tsunami Dari Balik Cockpit

Tak hanya mendapat perhatian dari para peneliti, pemerintah dari negara-negara sahabat pun turut prihatin dengan Indonesia.

Tawaran bantuanpun datang dari berbagai negara sahabat, mulai dari Singapura, Turki, Inggris dan masih banyak negara lainnya.

Mereka menawarkan bantuan dengan berbagai bentuk, seperti pesawat hercules, tenda, hingga alat-alat berat yang dipakai untuk mengevakuasi korban.

Baca Juga : Tinggalkan Ariel Tatum, Ryuji Utomo Lamar Kekasih Barunya, Ternyata Laki-laki Punya Hormon Cepat Move On!

Bencana yang merenggut nyawa lebih dari 1500 orang itu ternyata juga membuat Ratu Elizabeth II iba.

Melansir dari grid.ideyang dari Pangeran Harry itu menyampaikan belasungkawa sedalam-dalamnya kepada Presiden Joko Widodo dan rakyat Indonesia.

"Indonesia tidak sendiri dalam menghadapi bencana alam ini. Indonesia mempunyai banyak negara yang bersahabat, sehingga bisa saling membantu," ujar Mozzam, Duta besar Inggris untuk Indonesia.

Baca Juga : Nangis Sampai Pingsan di Kaki Ibu, Roro Fitria Dituntut 5 Tahun Penjara dan Denda 1 M!

Empat jam pasca pemerintah Indonesia menginformasikan kebutuhan prioritas bantuan internasional untuk gempa dan tsunami, Kedubes Indonesia di Inggris memberikan sejumlah pilihan.

Melansir dari kompas.com, pemerintah Inggris awalnya akan memberikan bantuan Rp 40 miliar, namun bertambah menjadi RP 60 miliar.

"Kemarin kami kembali mengumumkan, Inggris akan memberikan tambahan Rp 20 Miliar, sehingga total bantuan yang diberikan untuk Sulawesi Tengah sebesar Rp 60 miliar," ucapnya.

Baca Juga : Maia Estianty Kian Bergelimang Harta, Ahmad Dhani Justru Dilaporkan Menggelapkan Uang Warga Ratusan Juta, Kok Bisa?

Saat ini, pesawat yang membawa sejumlah bantuan dari negara kelahiran Putri Diana itu sedang menuju Indonesia.

Pesawat bantuan kedua dan ketiga sedang dipersiapkan dan akan diterbangkan tidak lama dari sekarang.Pesawat-pesawat itu memuat bantuan berupa tenda terpal, air minum, lampu surya, dan persediaan alat kebersihan, serta sanitasi untuk 10.000 orang.

Indonesia memang sangat spesial di mata Ratu Elizabeth.

Baca Juga : Tersebar Foto Mantan Suami dengan Pacar Baru, Tanggapan Rossa Bikin Haru

Hal itu diungkapkan oleh Moazzan T Malik saat merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth II yang ke-91 di Hotel Shangrila, Rabu (17/5/2017).

"Indonesia memiliki tempat khusus di hati Yang Mulia Ratu dan pemerintahannya,".

Maka dari itu, Ratu Elizabeth II dan pemerintah Inggris tak segan-segan kuncurkan dana puluhan miliar untuk membantu Indonesia yang sedang dilanda bencana.