Menentukan Jenis Kelamin Bayi, Seberapa Besar Peluang Berhasilnya?

By Gisela Niken, Selasa, 27 September 2016 | 03:15 WIB
Etiskah Memilih Jenis Kelamin Bayi? (Dini)

Tabloid-Nakita.com –Banyak orangtua yang menginginkan anak dengan jenis kelamin tertentu.Misalnya sudah memiliki anak laki-laki dan ingin memiliki anak perempuan. Banyak cara yang ditawarkan untuk menentukan jenis kelamin bayi. Mulai dari posisi seks, makanan hingga aneka cara yang ditempuh banyak orang untuk menentukan jenis kelamin. Lantas, apakah cara memilih jenis kelamin ini benar-benar efektif? Seberapa besar peluang keberhasilannya?

Baca juga: 4 fakta penentu bayi laki-laki atau perempuan

Menentukan jenis kelamin tidak semudah yang dibayangkan karena ada banyak faktor yang memengaruhi kondisi ini. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa populasi laki-laki di dunia memang lebih besar dibanding perempuan. Sebanyak 107 anak laki-laki untuk setiap 100 anak perempuan. Kondisi ini dipercaya sebagai bentuk usaha untuk menyeimbangkan jumlah populasi. Anak laki-laki cenderung lebih cepat meninggal karena kecelakaan, komplikasi kesehatan dan lain-lain. Namun di sisi lain, peluang untuk mendapatkan anak laki-laki memang lebih besar dibanding anak perempuan.

Baca juga: Pilihan makanan untuk menentukan jenis kelamin bayi

Jadi, kemungkinan memiliki anak laki-laki memang jauh lebih besar secara umum. Tetapi ada banyak faktor lain yang membuat kondisinya berubah. Salah satu cara untuk melihat adalah faktor keturunan. Misalnya sudah memiliki anak pertama perempuan, apakah mungkin Mama mendapatkan anak perempuan lagi? Ternyata, ada faktor keturunan yang bisa menentukan jenis kelamin bayi.

Sebuah studi di Amerika meneliti 6.000 kelahiran untuk melihat apakah keluarga yang memiliki anak laki-laki akan memiliki anak laki-laki pada anak berikutnya dan melihat peluang mendapatkan jenis kelamin yang berbeda. Di antara 132 yang memiliki 3 anak dengan jenis kelamin yang sama, sebanyak 63 keluarga akhirnya mendapatkan anak dengan jenis kelamin yang berbeda. Artinya, peluang mendapatkan laki-laki dan perempuan sama besarnya.

Baca juga: Posisi seks tentukan jenis kelamin, bagaimana caranya?

Jadi, jika Mama ingin menentukan jenis kelamin bayi peluangnya sebenarnya sama. Mungkin ada faktor yang dapat berpengaruh namun peluang untuk mendapatkan anak laki-laki atau perempuan sebenarnya sama saja. Jangan salahkan jika saat mencoba metode tertentu tidak menghasilkan seperti yang diinginkan oleh Mama dan Papa. Ingat bahwa peluang keberhasilan dan kegagalannya sama-sama besar.