Penyebab Pria Tidak Subur yang Umum Terjadi

By Gisela Niken, Selasa, 27 September 2016 | 06:00 WIB
5 Alasan Mengapa Pria Pura-Pura Orgasme (Puri)

Tabloid-Nakita.com – Masalah susah hamil tidak hanya datang dari Mama saja. Penyebab susah hamil juga bisa datang dari Papa. Sekitar 15% masalah ketidaksuburan datang dari Papa. Untuk itu, ada baiknya Mama memahami penyebab pria tidak subur yang kerap terjadi agar mengetahui langkah yang dilakukan untuk mengatasi masalah ketidak suburan ini.

Baca juga: Bersepeda ekstrem bikin pria tidak subur?

Riawayat kesehatan menjadi faktor yang cukup berpengaruh dalam masalah ketidaksuburan pria. Masalah pertumbuhan genital saat kecil dan masa pubertas dapat berpengaruh pada kesuburan pria. Papa yang mengalami penyakit cukup serius terutama masalah genital juga perlu diwaspadai membuat Papa tidak subur. Obat-obatan yang dikonsumsi juga dapat menurunkan kesuburan karena ada obat yang menganggu ereksi ataupun ejakulasi.

Baca juga: Kenali masa subur pria

Praktek seksual juga penting untuk diketahui. Biasanya masalah seperti disfungsi ereksi atau ejakulasi dini dapat menjadi hal yang mencegah terjadinya pembuahan. Paparan racun misalnya di tempat kerja hingga penggunaan zat berbahaya dalam rokok dan alkohol juga mengambil peran cukup penting dalam penurunan kesuburan.

Masalah hormon juga ikut memengaruhi kesuburan Papa. Secara fisik mungkin terlihat sehat, namun bisa jadi ada masalah pada hormon. Masalah hormon ini juga dapat berpengaruh pada jumlah dan kualitas sperma. Sperma yang kurang sehat dan tidak mampu bergerak dengan baik dapat menghambat proses kehamilan.

Baca juga: Mau tahu tanda-tanda kesuburan pada pria?

Pengujian laboratorium menjadi sangat penting saat mencari penyebab pria tidak subur. Selain riwayat kesehatan, pemeriksaaan fisik dan sperma, ada beberapa faktor lain yang bisa memengaruhi seperti pola hidup. Jangan diam saja ketika Mama yang sedang berusaha hamil dan tidak mendapatkan hasil. Masalah ketidaksuburan perlu diidentifikasi sejak dini.