Mungkinkah Melahirkan Normal Saat Hamil Kembar?

By Dini Felicitas, Kamis, 29 September 2016 | 23:40 WIB
Mama tetap bisa melahirkan normal saat hamil kembar. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Ada suatu kesalahpahaman bahwa jika Mama hamil anak kembar, maka Mama harus melahirkan secara Caesar. Tetapi, ternyata tidak harus begitu. Ibu hamil kembar ternyata bisa melahirkan normal.

Selama ini, memang ada asumsi bahwa operasi Caesar merupakan cara paling aman untuk melahirkan bayi kembar dua atau kembar tiga, khususnya karena bayi yang lahir belakangan akan berada dalam posisi sungsang. Namun hanya karena Mama hamil kembar, tidak berarti Mama tidak bisa melahirkan normal. Jika kehamilan Mama sehat, dan semua proses kehamilan berkembang secara normal, melahirkan normal saat hamil kembar masih memungkinkan.

Beberapa ibu dan bayi yang terpilih secara ketat bisa bertahan dengan baik entah saat si bayi dilahirkan normal atau lewat operasi caesar. Caesar hanya dilakukan ketika persalinan normal pada akhirnya dinilai terlalu berisiko. Dalam beberapa kasus, seperti dilaporkan dalam New England Journal of Medicine, beberapa ibu hamil yang semula menjalani persalinan normal akhirnya terpaksa menjalani operasi Caesar.

Menurut Center for Disease Control and Prevention, tingkat operasi Caesar untuk kehamilan biasa 31 persen, sedangkan pada kehamilan kembar lebih dari 75 persen. Sebagian ibu yang hamil kembar memilih operasi Caesar karena membuat mereka tahu ketika akan melahirkan. Selain itu, dengan operasi Caesar, tidak akan terlalu sakit ketika harus mengejan dan nyeri pada vagina.

Meskipun begitu, Caesar tetaplah suatu tindakan operasi, dan operasi apapun akan meningkatkan risiko komplikasi, seperti infeksi, pelekatan, dan pembekuan darah. Sedangkan dalam kehamilan yang normal dan sehat tanpa komplikasi, persalinan normal tetap lebih aman. Sehingga, Mama tak perlu khawatir tidak akan mampu melahirkan normal saat hamil kembar.

Tentu kabar ini cukup melegakan untuk Mama yang merasa tak akan mampu melahirkan normal karena hamil kembar. Bagi Mama yang baru akan melahirkan pertama kali, persalinan normal tentu cukup menakutkan. Tetapi, meskipun hamil kembar, Mama tetap bisa memilih persalinan apa yang terbaik bagi Mama dan si bayi. Yang pasti, Mama yang hamil kembar tidak harus operasi caesar.