Agar Ibu Hamil yang Gemuk Tetap Sehat

By Gisela Niken, Jumat, 30 September 2016 | 05:45 WIB
Pola makan perlu dijaga bagi ibu hamil gemuk agar kehamilan sehat (Foto: Peapod Nutrition) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Salah satu faktor kesehatan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil adalah berat badan. Obesitas akan membuat ibu hamil mengalami aneka gangguan kesehatan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Namun tak perlu khawatir ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil gemuk agar tetap sehat dan kehamilan tetap lancar.

Baca juga: Bila ibu hamil terlalu kurus, gemuk, tinggi atau pendek

Jadwal makan yang teratur sangat baik untuk ibu hamil yang mengalami obesitas. Jadwal makan yakni sarapan, makan siang, makan malam dan diselingi dua kali makanan ringan. Kebiasaan makan yang tidak menentu akan mengakibatkan kenaikan berat badan. Tak perlu makan dengan porsi berlebihan. Ibu hamil cukup mengonsumsi 1.800 hingga 2.400 kalori saja.

Baca juga: Hamil muda bikin gemuk, benarkah?

Tidak hanya porsi makan, Mama juga perlu menghindari minuman yang terlalu manis. Usahakan Mama hamil yang gemuk minum air putih saja. Jus, susu dan aneka minuman kemasan bisa meningkatkan kadar gula. Agar tetap sehat tentu Mama perlu menyisihkan waktu untuk berolahraga minimal 15 menit sehari. Menurunkan berat badan kala hamil juga perlu dilakukan dengan cara yang sehat.

Karbohidrat menjadi makanan yang perlu dikurangi ibu hamil gemuk. Pilih karbohidrat kompleks sebagai pengganti karbohidrat yang dapat meningkatkan gula darah.Selain karbohidrat kompleks, Mama perlu memperbanyak lauk dengan kandungan protein. Telur dan ikan bisa Mama konsumsi sebagai pengganti daging. Proses memasak yang matang penting untuk diperhatikan bagi ibu hamil agar tidak terpapar bakteri dari daging-dagingan.

Baca juga: Jika ibu hamil gemuk

Kunci sehat lain bagi ibu hamil gemuk adalah perbanyak minum air putih. Rasa lapar dan gangguan saat hamil bisa sedikit lebih reda dengan bantuan air putih. Apalagi ibu hamil memang membutuhkan air putih lebih banyak daripada orang lain. Jadi bagi ibu hamil yang mengalami obesitas ada baiknya memerhatikan pola hidup yang lebih sehat.