Berita Kesehatan: Curahan Pilu Angelina Jolie Lakukan Operasi Angkat Payudara dan Rahim Untuk Hindari Kanker

By Fadhila Auliya Widiaputri, Rabu, 17 Oktober 2018 | 11:24 WIB
Kisah Angelina Jolie melakukan operasi pengangkatan payudara dan rahim (In Touch Weekly)

Nakita.id - Angelina Jolie pernah membuat pilihan sulit dalam hidupnya dengan melakukan operasi pengangkatan payudara dan rahim untuk menghindari risiko kanker yang turun dari mendiang sang ibu.

Angelina Jolie memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan payudara dan rahim setelah tes darah yang dilakukannya menyatakan bahwa ia berpotensi besar, 87% menderita kanker payudara, dan 50% menderita kanker rahim.

Kisah operasi pengangkatan payudara dan rahim tersebut dituangkan Angelina Jolie dalam artikel bertajuk: Angelina Jolie Pitt: Diary of a Surgery yang terbit di The New York Times, pada Mei 2013 silam.

Baca Juga : Angelina Jolie Mulai Membuka Hati, Inikah Sosok Pengganti Brad Pitt?

Dalam artikel tersebut, mantan istri Brad Pitt ini mengaku bahwa keputusan operasi pengangkatan payudara dan rahim yang ia lakukan bukanlah keputusan mudah.

Ia sadar bahwa sebagai seorang wanita ia akan kehilangan payudaranya.

Namun sebagai seorang ibu, Angelina Jolie tidak mau anak-anaknya akan merasakan kesedihan yang sama seperti yang ia rasakan saat harus kehilangan ibu, nenek, dan tantenya akibat kanker.

Baca Juga : Dengan Teknologi Terkini, Bisa Jadi Google Lebih Akurat Mendeteksi Kanker Payudara Dibandingkan Manusia

"Saya tahu bahwa ini adalah realitas saya, saya memutuskan untuk bersikap proaktif dan meminimalkan risiko sebanyak yang saya bisa.

Saya membuat keputusan untuk melakukan mastektomi ganda preventif.

Saya mulai dengan payudara, karena risiko kanker payudara saya lebih tinggi daripada risiko kanker ovarium, dan pembedahannya lebih kompleks," tulis Angelina Jolie.

Baca Juga : Berita Kesehatan: Curatan Hati Joanna Alexandra, Rawat Anak Dengan Kelainan Genetik Langka