Andalkan Blender Tangan Saat Membuat MPASI untuk Si Kecil

By Dini Felicitas, Rabu, 5 Oktober 2016 | 07:30 WIB
Philips Hand Blender HR1603 (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Saat Mama memiliki anak bayi dan batita, urusan liburan atau sekadar berkunjung ke rumah kakek-nenek pasti menjadi tantangan tersendiri. Bukan apa-apa, "perabotan lenongnya" itu sudah kayak orang pindahan rumah. Mama tak hanya harus membawa pakaian, popok sekali pakai, dan peralatan mandinya, tetapi juga perlengkapan makan untuk si kecil yang sudah mulai mengonsumsi MPASI.

Selain pompa ASI, Mama juga perlu membawa blender untuk membuat bubur buah dan sayur si kecil. Akan sangat membantu jika Mama memiliki blender tangan yang praktis dibawa ke mana-mana, juga ringkas saat disimpan di dalam tas. Contohnya Philips Daily Collection Hand Blender HR1603 ini. Dalam dus kemasannya yang berukuran sekitar 40x25x10 cm, sudah terdapat blending foot (bodi mesin pencampurnya), chopper (pemotong), dan whisk (pengocok).

Blender tangan dengan daya 550 Watt ini menggunakan teknologi ProMix yang membuat pencampurannya lebih cepat. Bodinya cukup langsing sehingga pas dalam genggaman siapa saja. Untuk melepaskan batang blendernya, ada dua tombol yang bisa ditekan dengan ibu jari dan jari tengah. Sedangkan untuk menyalakan dan mematikan m, cukup dengan satu tombol saja.

Bahan makanan apa saja yang bisa diolah dengan hand blender ini?

Macam-macam, seperti sayuran, buah, kacang, cokelat, bawang, juga keju parmesan. Potong-potong setidaknya menjadi ukuran 2 x 2 x 2 cm untuk memudahkan chopper-nya menggerus bahan makanan ini. Sedangkan untuk bahan makanan yang lunak seperti bawang bombay, tekan tombol motornya beberapa detik saja agar bawang tidak terpotong terlalu lembut sehingga menjadi bubur. Juga, jangan memasukkan dua bawang bombay sekaligus dalam sekali putar.

Mama juga sebaiknya tidak memasukkan es batu untuk diblender. Soalnya, bilah pisaunya akan menjadi tumpul kalau digunakan untuk menghancurkan es batu. Bahan-bahan makanan yang keras seperti tulang, atau buah dengan bijinya sekaligus (misalnya mangga, durian, salak, nangka, atau alpukat). Hati-hati ya, jangan sampai mesinnya rusak kalau dipaksa memblender buah sekaligus dengan bijinya. Oya, hindari juga menuangkan air panas ke dalam wadah blendernya; batasi suhunya maksimal 80 derajat Celcius saja.

Whisk, atau alat pengocoknya, bisa digunakan untuk mengocok putih telur, adonan kue sponge atau dessert yang lembut, pancake, whipping cream, atau mayones. Tetapi, jangan dipakai untuk mengocok campuran bake biasa seperti mentega atau margarin, ya, Mam.

Dengan memakai hand blender ini sesuai aturannya, dijamin alat ini akan awet dan tahan lama. Mama akan sangat terbantu ketika harus menyiapkan MPASI untuk si kecil saat liburan.

Spesifikasi: Materi: Plastik Kapasitas wadah: 0,5 liter Panjang kabel: 1,25 meter Power: 550 Watt Voltage: 220V-240 V Harga: Rp 726.000