Berita Kesehatan: Untuk Pertama Kalinya, Peneliti Menemukan Plastik Dalam Kotoran Manusia!

By Soesanti Harini Hartono, Kamis, 25 Oktober 2018 | 12:00 WIB
Mikroplastik telah ditemukan di ikan dan jaringan kerang, bahkan di air keran dan air botol. (Grist)

Nakita.id.- Para ilmuwan di Austria mengatakan mereka telah mendeteksi potongan-potongan plastik kecil pada kotoran manusia untuk pertama kalinya.

Tetapi para ahli mengingatkan bahwa penelitian ini jangkauan sampelnya terlalu kecil dan terlalu dini untuk menarik kesimpulan yang kredibel. Demikian disarikan dari situs The Daily Sabah (25/10).

Baca Juga : Sampah Plastik Tercecer Saat Car Free Day, #SayaPilihBumi Mulai Bergerak

Temuan itu kemudian dipaparkan di sebuah kongres di Wina pada hari Selasa (23/10) oleh para peneliti dari Universitas Kedokteran Wina dan Badan Lingkungan Austria.

Mereka mengatakan, hasil penelitian mendeteksi apa yang disebut mikroplastik di semua sampel yang diambil dari delapan sukarelawan di Eropa, Rusia dan Jepang.

Mikroplastik - didefinisikan sebagai potongan yang lebih kecil dari 5 milimeter - sebelumnya telah ditemukan dalam air, hewan dan makanan, tetapi sejauh ini penelitian belum membuktikan mereka menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia.

Namun, ada kekhawatiran publik yang berkembang tentang keberadaan mereka di mana-mana di lingkungan.

Baca Juga : Berita Kesehatan: Ikan Lokal Ternyata Lebih Kaya Kandungan Gizinya

Temuan ini juga membuat para kepala Partai Hijau (Green Party) di Eropa, terutama di Jerman kemudian berkata bahwa studi Austria adalah, "Sinyal alarm yang berbahaya dan patut ditindaklanjuti."

Robert Habeck, tokoh dari Partai Hijau di Jerman mengatakan kepada kelompok media Jerman, Funke, bahwa mikroplastik harus dilarang dari produk kosmetik dan penggunaan kemasan plastik harus sangat dikurangi.