Perubahan Tubuh Tak Terduga Saat Hamil Tua

By Gisela Niken, Rabu, 12 Oktober 2016 | 23:15 WIB
Biasakan tidur menghadap ke kiri sejak trimester pertama. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com – Banyak perubahan yang terjadi saat hamil terutama saat Mama memasuki trimester ketiga. Perubahan tentu terjadi akibat perkembangan janin yang semakin membesar. Namun ada beberapa perubahan yang cukup aneh dan tidak terduga akan terjadi.Tak perlu khawatir sebab perubahan tubuh saat hamil tua ini normal terjadi dan memang berubah untuk mendukung pertumbuhan janin.

Baca juga: Perubahan fisik ibu hamil pada trimester 2

1.Darah lebih banyak 50% dari biasanya

Menginjak usia 35 minggu, Mama biasanya telah menambahkan sektar 1,32 liter darah dalam tubuh. Setidaknya sebanyak 50% darah ibu hamil menjadi lebih banyak dibandingkan wanita pada umumnya. Penambahan darah ini berfungsi untuk membawa oksigen ke organ Mama dan juga kepada janin.

2. Napas menjadi lebih berat

Pada trimester akhir, napas Mama akan menjadi lebih berat. Hal ini disebabkan permintaan tubuh akan oksigen menjadi lebih banyak karena pertumbuhan janin semakin besar. Hal ini juga berpengaruh pada tingkat pH dalam darah Mama. Darah Mama pun menjadi lebih asam pada trimester akhir kehamilan.

Baca juga: Perubahan payudara pada ibu hamil

3. Asupan oksigen dalam tubuh meningkat sebanyak 20%

Ada banyak faktor yang menyebabkan asupan oksigen semakin meningkat. Salah satunya adalah metabolisme tubuh yang berubah karena gerakan janin yang semakin sering. Belum lagi metabolisme tubuh janin semakin besar pula. Maka, Mama perlu memahami bahwa kebutuhan oksigen lebih besar dibanding biasanya. Pastikan Mama mendapatkan oksigen yang cukup.

4.Bola mata berubah bentuk

Meski terlihat aneh, perubahan fisik ini mungkin terjadi. Bola mata berubah bentuk karena semua air dalam tubuh bercampur dengan perubahan hormon. Bola mata menjadi salah satu organ tubuh yang cukup banyak mengandung air. Tidak hanya berubah bentuk, ada kemungkinan Mama akan mengalami gangguan penglihatan. Tak perlu khawatir sebab setelah melahirkan penglihatan akan kembali normal.

Baca juga: Tips menerima perubahan fisik saat hamil

5. Nada suara menjadi lebih rendah

Siapa sangka perubahan fisik saat hamil tua juga berpengaruh pada suara. Mama akan melihat penurunan nada suara terutama Mama sedang menyanyi. Perubahan tersebut terjadi karena pembengkakkan pita suara. Pembengkakkan sementara itu terjadi karena meningkatkan cairan dalam tubuh Mama.