Agar Kulit Tidak Hitam dan Kusam Saat Hamil

By Gisela Niken, Kamis, 13 Oktober 2016 | 03:45 WIB
Perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil harus mengurangi paparan bahan kimia (Foto: Skin Lounge) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Banyak yang bilang kalau hamil membuat kulit Mama menjadi rusak. Tak perlu khawatir akan hal ini, Mam. Mama bisa bebas dari masalah kulit saat hamil dengan melakukan beberapa perawatan berikut ini. Sebaiknya Mama melakukan perawatan kulit yang aman dan alami untuk ibu hamil agar kulit tidak hitam dan kusam saat hamil.

Baca juga: Masalah kulit pada Mama hamil

Salah satu gangguan yang kerap terjadi pada ibu hamil adalah stretch mark. Vitamin alami seperti vitamin E sangat baik untuk membuat kulit lebih kenyal dan semakin baik elastisitasnya. Cocoa butter juga baik untuk mencegah stretch mark. Kulit Mama akan menjadi lebih sehat dengan kedua zat ini. Pilih pelembab yang alami agar kulit Mama tidak banyak terpapar bahan kimia.

Mama juga perlu menjaga ketenangan diri untuk menjaga kulit tetap sehat. Salah satu masalah ibu hamil yang merusak kulit adalah morning sickness. Mual dan muntah akan menyebabkan kekurangan air yang berdampak pada kulit. Mengonsumsi jahe dan beberapa teh dapat membuat Mama jadi lebih tenang. Bebas stres juga dapat membantu kulit menjadi lebih sehat.

Baca juga: Kurangi perubahan kulit pada ibu hamil

Menjaga tubuh tetap hidrasi juga menjadi kunci agar kulit tidak kusam. Air putih tidak hanya baik untuk kulit tetapi memiliki banyak manfaat. Mama bisa bebas dari sakit kepala, sembelit, infeksi kantung kemih bahkan wasir jika rajin minm air putih. Jadi, Mama perlu mengonsumsi air 8 gelas air putih bahkan lebih untuk memenuhi asupan air.

Salah satu bahan alami yang bisa Mama coba untuk kulit kala hamil adalah lidah buaya. Bahan alami ini juga dapat mengurangi masalah gatal pada ibu hamil. Gatal bisa memicu Mama menggaruknya dan justru meursak kulit. Namun, Mama perlu mewaspadai jika gatal yang timbul seperti ruam dan tidak kering. Mama perlu memberitahu dokter segera.

Baca juga: Mencegah gangguan kulit saat hamil

Cara lain agar kulit tidak hitam dan kusam saat hamil ialah dengan makanan. Mengonsumsi asam lemak omega-3 dapat menjaga kekencangan kulit. Zat yang didapat dari inyak ikan ini juga dapat membantu perkembangan otak dan mata bayi. Minyak ikan bahkan dapat mengurnagi risiko kelahiran prematur.