Agar Tidur Nyenyak Sepanjang Malam Saat Hamil

By Gisela Niken, Jumat, 14 Oktober 2016 | 02:15 WIB
Sulit Tidur? Ini Solusinya (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Susah tidur menjadi salah satu gejala kehamilan yang menganggu banyak Mama. Gangguan tidur selama kehamilan antara lain kram, sakit punggung, sesak napas, mimpi buruk hingga rasa khawatir akan membuat Mama susah tidur kala hamil. Mama bisa melakukan beberapa hal berikut agar tidur nyenyak saat hamil.

Baca juga: 5 penyebab ibu hamil susah tidur

Persiapan sebelum tidur menjadi salah satu kunci penting agar tidur nyenyak saat hamil. Jika merasa ada masalah pada kaki, Mama perlu melakukan perenggangan otot betis sebelum tidur. Kebiasaan ini juga perlu dilakukan pada pagi hari untuk menurunkan intensitas terjadinya kram pada kaki. Mama juga perlu mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu dan pisang.

Masalah tidur lainnya datang dari punggung. Jika mengalami masalah pada sakit punggung, mama bisa menggunakan bantal di bawah perut atau di antara kedua kaki. Cara ini dapat digunakan untuk mengurangi ketidaknyamanan. Bantal juga diperlukan untuk mengatasi sesak napas. Mama terutama pada trimester ketiga kehamilan sangat mungkin mengalami sesak napas. Gunakan bantal untuk menopang diri di tempat tidur atau di kursi agar posisi tubuh bisa lebih nyaman.

Baca juga: Sulit tidur di masa hamil

Kekhawatiran atau stres juga menjadi penyebab Mama susah tidur. Maka, ada baiknya Mama menoba untuk mengambil beberapa cara untuk mengurangi stres misalnya dengan mengambil kelas kehamilan. Banyak Mama hamil yang cenderung merasa khawatir akan proses melahirkan nanti. Kelas persiapan melahirkan akan mengurangi kekhawatiran Mama akan kondisi buruk yang mungkin menimpa saat melahirkan nanti. Berlibur atau mencari kegiatan yang menenangkan juga direkomendasikan.

Baca juga: Tidur miring ke kiri disarankan untuk ibu hamil

Mama juga perlu membangun rutinitas tidur agar tidur nyenyak saat hamil. Rutinitas tidur bisa disesuaikan dengan Mama. Misalnya Mama senang membaca. Jadikan waktu membaca buku sebagai rutinitas  sebelum tidur. Kondisi ini akan membuat Mama tenang saat tidur. Kurangi asupan cairan setelah pukul 7 malam untuk mengurangi bolak-balik ke toilet. Mama perlu melakukan aktifitas fisik yang cukup agar tidur nyenyak.