Ternyata, Ini 5 Kelebihan Jika Menjadi Ibu Bekerja

By Gisela Niken, Senin, 17 Oktober 2016 | 23:30 WIB
Kembali Bekerja ASI Lancar (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com – Menjadi ibu bekerja? Tak perlu khawatir, Mam. Banyak orang yang menganggap bahwa ibu bekerja akan sulit untuk mengasuh anak. Padahal ada banyak alasan yang membuat Mama bangga saat menjadi ibu bekerja. Ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan jika Mama tetap bekerja meski memiliki anak yang masih berusia bayi hingga balita.

Baca juga: Ternyata, ini kelebihan anak dari ibu bekerja

1.Bebas stres

Salah satu ketakutan terbesar pada wanita yang bekerja adalah stres. Banyak orang yang memikirkan akan menjadi stres karena pekerjaan dan stres menjadi orangtua. Padahal berbagai penelitian melaporkan bahwa ibu bekerja ternyata lebih bahagia dan cendeurng tidak menunjukkan peningkatan tekanan psikologis. Mama juga cenderung tidak membutuhkan “me time” sebab saat kembali ke rumah, Mama menjadi lebih segar dan siap mengasuh anak.

2.Waktu bersama anak lebih berkualitas

Saat di rumah, Mama mungkin memiliki waktu lebih banyak dengan anak. Namun ternyata jumlah waktu tidak berarti jika dibandingkan kualitas waktu yang dihabiskan. Sebuah studi mengungkapkan bahwa jumlah waktu sedikit tidak berpengaruh pada perkembangan anak. Kualitas waktu kebersamaan jauh lebih dibutuhkan. Bahkan, perkembangan anak akan terancam jika kualitas waktu bersama orangtua dan anak menjadi buruk.

Baca juga: 5 kiat sukses menyusui bagi ibu bekerja

3.Bisa berbagi tugas dengan suami

Keuntungan atau manfaat menjadi ibu bekerja adalah Mama dan Papa bisa jadi bekerja sama untuk mengasuh anak. Jadi, tak perlu ragu untuk meminta suami menjaga si kecil. Cara ini juga dapat membantu Papa dan si kecil meningkatkan bonding. Keharmonisan keluarga juga semakin terjalin dengan pembagian tugas ini.

4.Jadi contoh yang baik untuk anak

Ternyata Mama yang bekerja sambil emngasuh anak berdampak positif pada anak-anak. Apalagi pada anak perempuan. Anak akan menjadikan Mama sebagai contoh untuknya. Anak bisa jadi punya cita-cita yang tinggi, ingin menyelesaikan pendidikan dengan cepat agar seperti Mama. Dengan bekerja, Mama bisa menumbuhkan rasa berjuang pada anak untuk mencapai kesuksesan.

Baca juga: Mama, jangan merasa bersalah menjadi ibu bekerja

5.Lebih berenergi

Menjaga anak bukan lagi hal yang berat saat menjadi ibu bekerja. Terbiasa melakukan pekerjaan yang banyak dan padat membuat Mama jauh lebih berenergi saat mengasuh anak. Jadi, Mama tak perlu lagi khawatir untuk tetap bekerja dan melakukan pekerjaan rumah tangga lain serta mengasuh anak.