Daftar Persiapan Suami Menjelang Istri Melahirkan

By Gisela Niken, Selasa, 18 Oktober 2016 | 04:00 WIB
Ada berbagai persiapan suami menjelang istri melahirkan yang perlu dilakukan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Ternyata tidak hanya ibu hamil yang membutuhkan persiapan menjelang proses melahirkan. Papa juga perlu melakukan berbagai persiapan. Ketenangan, percaya diri hingga sikap siap siaga menjadi sesuatu yang perlu dipersiapkan terutama bagi Papa yang baru pertama kali punya anak. Untuk itu, persiapan suami menjelang istri melahirkan berikut ini perlu Papa lakukan.

Baca juga: Ini persiapan agar melahirkan secara normal

1.Mendata ketakutan yang Papa alami

Salah satu hal yang kadang membuat Papa tidak mau mendampingi istri melahirkan adalah rasa takut. Takut akan darah, rumah sakit hingga takut saat menggendong bayi. Cobalah untuk mendata daftar ketakutan tersebut dan coba untuk melatihnya setiap hari agar Papa bisa mengatasi segala ketakutan tersebut. Meminta bantuan orang yang lebih berpengalaman juga diperlukan.

2.Bebas mengekspresikan emosi

Papa tak perlu takut jika tiba-tiba Papa mengalami perubahan emosi jelang melahirkan. Tidak hanya Mama, ternyata Papa juga mengalami pergeseran hormonal pada proses persiapan menjadi orangtua. Kadar testosteron Papa akan menurun. Hal ini bisa membuat Papa menjadi lebih mudah emosi dan tertekan. Tak usah kaget dengan kondisi ini. Papa juga bebas mengekspresikan emosi misalnya menangis. Cara ini bisa membuat kondisi emosinal menjadi lebih stabil.

Baca juga: 3 kebiasaan agar melahirkan dengan cepat dan lancar

3.Mendukung satu sama lain dengan pasangan

Papa juga perlu memahami bahwa rasa takut tidak hanya muncul dari Papa saja. Tentu Mama juga memiliki berbagai ketakutan jelang proses melahirkan. Ada baiknya untuk saling terbuka mengenai apa yang dirasakan satu sama lain. Jika merasa ragu, Mama dan Papa bisa mencari informasi seputar melahirkan agar ketakutan tersebut bisa teratasi dengan informasi yang lebih tepat.

4.Ikut kelas persiapan melahirkan

Dukungan Papa memang sangat dibutuhkan. Maka, jangan ragu untuk melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan agar Mama siap melahirkan. Berlatih pernapasan hingga mengetahui cara mendorong agar bayi cepat lahir menjadi hal yang perlu dilakukan. Kegiatan ini juga memberikan dukungan mental kepada Papa dan Mama agar semakin siap menghadapi waktu persalinan.

Baca juga: Persiapan fisik sebelum melahirkan 

5.Memanjakan diri

Yang tak kalah penting dari persiapan suami menjelang istri melahirkan ialah waktu menenangkan diri. Papa dan Mama akan mengalami fase yang sangat berbeda. Maka ada baiknya Papa melakukan hobi sebelum si kecil lahir. Santai sejenak juga membantu menjauhkan pikiran buruk seputar waktu melahirkan.