Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

By Gisela Niken, Kamis, 20 Oktober 2016 | 05:15 WIB
Ternyata ada banyak manfaat jika ibu hamil makan durian (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Durian menjadi salah satu jenis buah di Asia yang menjadi kesukaan banyak orang. Bau dan rasanya yang kuat membuat banyak orang jatuh cinta pada buah ini. Namun, kandungan buah ini kerap membuat tekanan darah menjadi tinggi. Maka, buah ini dianggap berbahaya khususnya pada ibu hamil. Namun adakah bahaya jika ibu hamil makan durian?

Baca juga: Legitnya kandungan gizi durian

Ternyata tidak ada bahaya jika Mama hamil mengonsumsi durian, asalkan tidak berlebihan. Mama tidak boleh mengonsumsi durian berlebihan karena mengandung banyak gula dan karbohidrat. Dua biji durian berukuran sedang mengandung sekitar 60 kalori. Maka, Mama terutama yang berisiko mengalami diabetes harus menghindari durian. Tetapi pada ibu hamil yang memiliki kondisi normal, mengonsumsi durian dalam batas wajar tentu sah-sah saja.

Baca juga: Jangan makan ini saat hamil muda

Berbagai penelitian bahkan menunjukkan manfaat makan durian. Durian ternyata mengandung organo-sulfur dan triptofan. Kedua senyawa ini ternyata memiliki efek antioksidan yang berfungsi mencegah masuknya bakteri sehingga sangat bermanfaat untuk kehamilan. Selain itu, durian merupakan buah yang memiliki mineral dan vitamin tinggi. Kandungan gula dalam durian dapat membuat Mama menjadi lebih berenergi selama kehamilan.

Durian juga masuk ke dalam buah yang memiliki serat yang tinggi. Maka, durian bisa mebantu melancarkan sistem pencernaan ibu hamil. Mama tak perlu takut mengalami masalah pencernaan seperti sembelit yang menjadi masalah umum pada ibu hamil. Kandungan serat juga dapat melindungi sistem pencernaan dari paparan racun dan bakteri. Saat hamil, Mama sangat rentan terpapar gangguan misalnya bakteri dari luar tubuh.

Baca juga: Makan durian sebabkan anak punya jantung bawaan

Kandungan vitamin B kompleks juga ada di dalam durian sehingga dapat menjaga kesehatan dan kerja organ penting dalam tubuh Mama.  Kandungan zat besi dan magnesium dalam buah juga menjaga sel darah merah. Saat hamil Mama membutuhkan sel darah merah yang sehat untuk memasok darah kepada janin. Jadi, ibu hamil makan durian ternyata membawa manfaat asalkan dalam porsi yang wajar.