Mengenal Hair Tourniquets, Luka Serius pada Jari Bayi Akibat Sehelai Rambut

By Gisela Niken, Selasa, 1 November 2016 | 02:15 WIB
Mengenal hair tournequet, cedera pada bayi yang disebabkan sehelai rambut (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Menjaga bayi dari berbagai bahaya yang serius sangat penting. Bahkan, sehelai rambut pun bisa menyebabkan risiko luka serius pada bayi. Sebuah sindrom yang biasa disebut hair tourniquets. Mungkin Mama belum pernah mendengar dan tidak memahami betapa bahayanya kondisi ini jika tidak teliti. Untuk mengenal hair tourniquets, ini yang perlu Mama pahami dan ketahui.

Baca juga: Bayi terjatuh lalu menangis, periksa hal-hal berikut ini

Hair tourniquets sendiri merupakan kondisi yang disebabkan oleh sehelai atau beberapa helai rambut. Rambut ini membungkus jari bayi baik kaki dan tangan. Tidak hanya terjadi pada jari saja, sindrom ini bahkan dapat terjadi pada penis bayi. Apa akibatnya? Jari yang terlilit oleh rambut dapat menyebabkan rasa sakit dan luka serius bahkan dapat menyebabkan amputasi pada jari bayi.

Baca juga: Kepala anak terbentur lantai, waspadai tanda-tanda ini

Jari kaki bayi bisa saja berubah menjadi warna merah hampir menuju ungu ketika aliran darah tersendat akibat ikatan rambut yang begitu kuat. Maka, Mama perlu mencegah kondisi ini dengan rajin memeriksa detil bagian tubuh anak. Bisa jadi anak sudah memberikan tanda dengan menangis. Artinya si kecil menangis karena rasa nyeri atau sakit yang diakibatkan oleh lilitan rambut.

Lilitan rambut juga biasa datang dari pakaian bayi. Maka, sebelum memakaikan baju pada bayi sebaiknya memeriksa tidak ada rambut yang menempel. Saat mencuci sebaiknya memisahkan pakaian bayi dengan pakaian orang dewasa lainnya. Mencampur cucian dapat menyebabkan rambut rontok menempel pada pakaian bayi saat sedang dicuci. Saat mencuci sebaiknya cuci dari bagian dalam pakaian untuk memastikan tidak ada rambut di dalam pakaian.

Baca juga: Gara-gara salah treatment di rumah sakit, anakku cedera otak

Setelah mengenal hair tourniquets, Mama harus lebih berhati-hati dan tidak boleh menyepelekan hal-hal yang sederhana bahkan sehelai rambut sekalipun. Usahakan area sekitar bayi aman dari kotoran. Rambut rontok yang jatuh ke lantai pasti sangat mudah ditemui di area rumah.