Masalah Tidur Saat Anak Mulai Sekolah

By Santi Hartono, Jumat, 4 November 2016 | 03:45 WIB
Masalah tidur pada anak sering terjadi saat mulai sekolah. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Masalah tidur tidak hanya dialami oleh orang dewasa. Studi menyebutkan, saat pertarna kali masuk sekolah, anak juga berisiko mengalami masalah tidur. Dr. Harriet Hiscock dan Murdoch Childrens Research Institute, Royal Children's Hospital Melbourne, Australia, mengaku terkejut saat melihat hasil penelitiannya. Penelitian dilakukan kepada 4.460 anak usia 5-7 tahun yang baru memulai tahun pertarnanya di sekolah.

Baca: Biasakan Anak Tidur Lebih Cepat

Hasil penelitian menyebut sekitar 22,6 % anak mengalami masalah tidur. Masalah tidur pada anak tersebut beragam, dari susah tidur, mimpi buruk, hingga kurangnya waktu tidur akibat anak yang sering terbangun tengah malam.

"Kami sangat terkejut. Karni pikir pola tidur anak tidak akan berubah ketika ia rnasuk sekolah. Namun hasil penelitian justru mengatakan sebaliknya," ujar Hiscock, seperti dikutip dari NY Times.

Baca: Jam Berapa Idealnya Anak Tidur pada Malam Hari?

Peneliti menduga, perubahan pola tidur yang rnendadak rnenyebabkan anak-anak mengalami masalah tidur pada tahun pertama  masuk sekolah. Orangtua bisa jadi membiasakan anak tidur awal, namun mereka tidak pernah memaksa anak untuk bangun pagi, mandi, dan akhirnya pergi ke sekolah sebelumnya. Hal ini membuat anak cenderung kaget sehingga mengganggu kesehatan tidur mereka. Padahal di usia 5-7 tahun, kecukupan kebutuhan tidur sangat penting untuk tumbuh kembang anak.

Reut Gruber, psikolog, sekaligus Direktur Attention Behavior and Sleep Lab, McGill University, mengatakan ada hubungan erat antara kurang tidur dan perilaku anak di sekolah. Aktivitas di sekolah membutuhkan perhatian, fungsi kognitif otak, serta kapasitas memori, hal-hal yang diatur oleh prefrontal cortex di otak.

"Prefrontal cortex sangat sensitif terhadap kurang tidur, yang bisa membuat fungsi eksekutif dan fungsi kognitif anak berkurang," paparnya.

Baca: Langkah Mudah Membangunkan Si Pra Sekolah pada Pagi Hari

Nah, Mam, jika si kecil kini sedang bersiap untuk masuk sekolah, coba kelola kebiasaan tidurnya. Secara bertahap, ajak anak untuk tidur dan bangun lebih awal, untuk mencegah anak mengalami masalah tidur ketika mulai sekolah.