Yang Perlu Mama Lakukan Satu Bulan Setelah Melahirkan

By Gisela Niken, Jumat, 18 November 2016 | 04:00 WIB
Ada beberapa hal yang perlu dilakukan setelah melahirkan (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Minggu-minggu pertama setelah melahirkan juga menjadi bagian yang penting. Tubuh Mama akan melakukan perubahan kembali setelah hamil. Periode ini lebih dikenal dengan postpartum. Perubahan tubuh inilah membutuhkan perhatian dari Mama. Berikut beberapa hal yang perlu Mama lakukan setelah melahirkan.

Membangun rutinitas atau jadwal bayi sehari-hari menjadi hal yang penting. Misalnya waktu menyusui atau waktu tidur. Rutinitas bisa dilakukan sejak usia dini agar si kecil memahami perbedaan siang dan malam. Selain itu, meningkatkan ikatan batin antara Mama dan si kecil juga penting untuk dilakukan sejak usia dini. Memeluk dan sentuhan menjadi hal sederhana yang dapat meningkatkan ikatan batin antara Mama dan si kecil.

Baca juga: Pipis setelah melahirkan tanpa takut jahitan lepas

Sesaat setelah melahirkan Mama mungkin akan mengalami perasaan sangat lelah selama beberapa minggu. Mungkin dalam satu bulan pertama menjadi waktu di mana mengembalikan energi Mama yang habis karena melahirkan. Apalagi jika Mama melahirkan dengan operasi caesar. Dalam masa ini, Mama juga akan mengalami pendarahan sebagai proses membersihkan rahim serta nyeri karena rahim yang menyusut.

Klik halaman selanjutnya di sini