4 Hal yang Perlu Dihindari Agar Tidur Nyenyak Saat Hamil

By Gisela Niken, Senin, 21 November 2016 | 06:00 WIB
Bolehkah Ibu Hamil Tidur Siang? (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Tidur nyenyak saat hamil? Mungkin hal yang sulit dilakukan terutama saat menjelang trimester akhir kehamilan. Mama bisa menjaga tubuh dan membuat tubuh agar tidur lebih nyenyak. Ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari agar Mama bisa tidur nyenyak saat hamil.

Baca juga: Posisi tidur yang tepat saat hamil

1.Makanan dan minuman

Ternyata, makanan dan minuman cukup berpengaruh terhadap kualitas tidur. Maka sebaiknya Mama mengurangi minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan soda. Hindari mengonsumsi menjelang sore hingga malam hari. Selain itu, hindari pula makanan pedas dan asam sebelum tidur. Jenis makanan dan minuman di atas dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut yang mengakibatkan susah tidur.

2.Terlalu lelah

Mama selama hamil sebaiknya tidak mengalami kelelahan yang berlebihan. Ada baiknya Mama mengatur jadwal tidur pada siang hari. Waktu tidur selama 30 hingga 60 menit pada siang hari akan membantu mengurangi rasa lelah. Hal itu juga akan membantu waktu tidur yang semakin baik dan berkualitas. Hindari pula aktivitas yang terlalu banyak jika mendekati waktu tidur.

Baca juga: Tip mengatasi susah tidur saat hamil tua

3.Terlalu khawatir

Salah satu masalah yang kerap melanda Mama hamil adalah perasaan yang terlalu khawatir. Kekhawatiran biasanya muncul karena kesehatan Mama yang terganggu. Gangguan saat kehamilan misalnya nyeri atau pusing juga kerap menyebabkan gangguan pada tidur. Untuk itu, penting bagi Mama untuk menjauhkan diri dari hal-hal yang membuat Mama takut dan khawatir. Cobalah untuk berkonsultasi pada dokter mengenai gangguan yang dialami. Berbagi cerita dengan orang yang lebih berpengalaman juga membantu.

Baca juga: 5 penyebab ibu hamil sulit tidur

4.Situasi kamar yang tidak nyaman

Kunci penting jika ingin tidur nyenyak saat hamil adalah kondisi kamar yang mendukung situasi dan kondisi kamar. Maka, sebaiknya Mama rajin membersihkan kamar serta menjaganya tetap tenang. Tak lupa untuk menyediakan bantal untuk mengatasi masalah nyeri yang terjadi saat tidur misalnya nyeri punggung.