4 Rutinitas yang Perlu Dilakukan Agar Tidur Nyenyak Saat Hamil Tua

By Gisela Niken, Kamis, 24 November 2016 | 23:45 WIB
Ada banyak penyebab ibu hamil susah tidur (Foto: Baby Center) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Siapa bilang Mama hamil pada trimester ketiga tidak bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman? Mama bisa tidur nyenyak saat hamil tua. Perlu ada rutinitas khusus agar Mama bisa tidur dengan nyenyak. Rutinitas ini tentu perlu dilakukan untuk mencegah hal-hal yang dapat menganggu kualitas tidur Mama saat hamil tua.

Baca juga: 5 penyebab ibu hamil sulit tidur

1.Punya jadwal tidur yang lebih awal

Tidak seperti jadwal tidur biasa, Mama yang sedang hamil perlu jadwal tidur lebih awal. Mama akan sulit tidur dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat diri menjadi nyaman. Maka, penting bagi Mama untuk terbiasa pergi ke tempat tidur 1 jam sebelum waktu tidur yang biasa. Cara ini akan menjaga Mama untuk tetap berenergi di esok harinya.

2.Mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi kram

Masalah yang kerap mengganggu tidur Mama hamil adalah kram khususnya kram pada bagian betis dan perut. Sebaiknya Mama mengonsumsi makanan yang dapat mengurangi masalah kram. Salah satu jenis makanan yang penting adalah makanan tinggi kalium sepeti pisang. Tetap terhidrasi juga menjadi cara mudah untuk mengurangi kram sepanjang malam yang dapat mengganggu tidur.

Baca juga: Tidur miring ke kiri disarankan untuk ibu hamil

3.Menggunakan bantal yang pas

Jangan anggap sepele fungsi bantal selama kehamilan khususnya saat hamil tua. Bantal yang pas sangat penting untuk mengganjal bagian perut, kaki dan punggung agar Mama bisa tidur dengan nyaman. Sebaiknya Mama juga tidur mring dengan bantuan bantal pada bagian perut. Tak lupa menjaga kaki tetap lebih tinggi dengan bantal agar mencegah kram dan masalah kaki lainnya.

Baca juga: Posisi tidur yang tepat saat hamil

4. Hindari menggunakan selimut tebal

Pada trimester akhir, suhu menjadi berubah saat tidur. Mama cenderung lebih berkeringat. Maka, hindari menggunakan selimut terlalu tebal. Hindari pula selimut yang bertumpuk dan berlapis yang dapat membuat suhu menjadi tinggi. Jadi pilih selimut yang menyesuaikan kondisi suhu tubuh agar bisa tidur nyenyak saat hamil tua.