Kapan Anak Perlu Diajarkan Makan dan Minum Sendiri?

By Gisela Niken, Jumat, 25 November 2016 | 07:00 WIB
Lebih sosial menjadi manfaat makan bersama keluarga (Foto: Baby Center) (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Mama mungkin ingin membuat anak mandiri. Salah satu cara meningkatkan kemandiriannya adalah mengajarkan anak makan sendiri. Anak yang mandiri dianggap memiliki kemampuan untuk makan dengan peralatan sendiri seperti sendok, garpu dan gelas. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengajarkan anak mengenalkan berbagai cara untuk makan sendiri ini?

Baca juga: Trik agar anak nyaman makan di restoran

Sebenarnya tidak ada ukuran pasti kapan anak perlu diajarkan mengenai kemandirian ini sebab setiap anak memiliki pertumbuhan yang bervariasi. Mama bisa memulai mengenalkan anak agar makan sendiri dengan meninggalkan botol susu pada usia 1 tahun. Pada usia 1,5 tahun umumnya anak sudah bisa dikenalkan untuk minum dari gelas. Proses transisi ini memang terkadang sulit dan banyak orangtua yang memilih menunda untuk mengenalkan penggunaan gelas karena tidak tega melihat si kecil merengek dengan botolnya.

Baca juga: 5 kesalahan yang membuat anak susah makan

Terdapat beberapa trik yang bisa Mama lakukan dalam proses transisi. Cobalah untuk mengenalkan secara perlahan. Misalnya mengganti botol dengan gelas pada jam-jam tertentu. Namun tetap memberinya botol susu pada malam hari. Jika anak terlihat kesulitan untuk memegang gelasnya coba bantu anak untuk memegangnya untuk merangsang keterampilan motorik halusnya sehingga bisa menahan secara mandiri.

Selain gelas, hal yang perlu Mama kenalkan pada anak adalah sendok, garpu dan piring. Usia 1 hingga 1,5 tahun menjadi waktu yang pas untuk mengajarkan anak menggunakan peralatan tersebut. Cara paling mudah untuk mengenalkan si kecil untuk makan dengan sendok adalah membiarkannya sering menggunakan sendok. Pilih pula makanan yang mudah untuk disendok agar si kecil lebih mudah makan. Hal penting lainnya adalah bersabar karena pasti anak akan makan dengan berantakan.

Baca juga: Ini porsi makan anak sesuai usianya

Jadi, mengajarkan anak makan sendiri memang membutuhkan usaha dan komitmen yang sungguh-sungguh dari Mama. Konsistensi juga penting agar anak juga terbiasa dengan peralatan makan yang ia punya. Ingat bahwa mengenalkan makanan juga membutuhkan waktu dan kesabaran sebab si kecil juga membutuhkan waktu untuk memelajari sesuatu yang baru.