Satukan Bayi dengan Sang Ibu Satu Jam Pertama Setelah Persalinan

By Dini Felicitas, Selasa, 29 November 2016 | 04:30 WIB
Lakukan kontak kulit satu jam pertama setelah persalinan. (Dini Felicitas)

Tabloid-Nakita.com - Apa yang terjadi dalam satu jam setelah Mama melahirkan? Mama mungkin hanya akan melihat si bayi dalam sekejap karena perawat langsung membawanya ke ruang perawatan bayi. Mungkin baru beberapa jam kemudian bayi akan dibawa kembali pada sang ibu untuk disusui.

Baca: Berikan ASI Satu Jam Setelah Bayi Lahir

Padahal, satu jam pertama setelah persalinan adalah saat yang menentukan. Para ibu yang melakukan kontak kulit dengan bayinya dalam satu jam setelah persalinan, kemungkinannya untuk menyusui secara eksklusif dalam enam bulan ke depan adalah 50%. Istilahnya, itulah "golden hour" setelah persalinan, di mana bayi akan diletakkan pada perut sang ibu, untuk kemudian bergerak ke arah dada sesuai instingnya untuk mencari puting payudara ibunya. Hal ini membuat proses menyusui lebih mudah sejak awal, sekaligus membantu ibu melakukan bonding dengan bayinya.

Analisa mengenai studi kontak kulit menyimpulkan bahwa bayi yang dibiarkan telanjang di atas dada ibunya dalam satu jam pertama setelah dilahirkan, akan menyusu rata-rata 64 hari lebih lama daripada bayi yang dipisahkan dari ibu mereka dalam satu jam pertama setelah lahir. Bayi yang dibiarkan langsung menyusu juga lebih jarang stres, memiliki detak jantung dan napas yang lebih stabil.

Baca: Jika Pemberian ASI Sempat Terputus, Lakukan Relaktasi!

Menurut Elizabeth Moore, ketua peneliti dari Vanderbilt University di Amerika, bayi baru lahir menggunakan indera penciumannya untuk mencari puting payudara sang ibu dan mulai menyusu. "Setelah satu jam atau dua jam pertama, hormon stres pada bayi karena proses persalinan akan menyusut, dan bayi menjadi sangat mengantuk. Mama harus menahannya pada satu jam pertama setelah persalinan ketika mereka masih bangun, bergerak, dan ingin menyusu, karena sesudah itu semuanya buyar," katanya.

Banyak ibu baru yang gagal menyusui karena tidak mampu membuat bayi bergerak menuju payudara mereka. Itu sebabnya, makin cepat dikenalkan dengan aroma tubuh ibunya, bayi akan lebih cepat belajar menyusu. Dalam beberapa penelitian sebelumnya juga dikatakan, bayi yang dibaringkan di atas dada ibunya dalam posisi kangguru akan memulihkan diri lebih cepat.

Baca: Segera Dekap Bayi Usai Operasi Caesar