4 Jenis Makanan yang Tidak Baik untuk Kesehatan Anak

By Gisela Niken, Selasa, 29 November 2016 | 05:45 WIB
Makanan instan dan daging olahan menjadi makanan yang tidak baik untuk anak (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Sebagai orangtua Mama tentu ingin memberikan makanan terbaik pada anak. Makanan dengan nutrisi yang pas dan lengkap menjadi salah satu faktor penting agar si kecil tumbuh sehat dan normal. Maka dari itu, sebaiknya Mama menghindari makanan yang tidak baik untuk anak berikut ini. Ada baiknya pola makan si kecil harus dihindari dengan jenis makanan buruk berikut ini.

Baca juga: 5 kesalahan yang membuat anak susah makan

1.Daging beku atau daging olahan

Mama mungkin banyak memilih sosis, nugget dan berbagai olahan daging sebagai pilihan  makanan untuk si kecil. Selain mudah untuk disajikan, sosis juga sangat disukai oleh anak sehingga tak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya makan. Padahal daging olahan yang beku mengandung tinggi nitrat yang berfungsi sebagai pengawet dan untuk mempertahankan warna. Natrium nitrat dapat meningkatkan risiko tumor otak, leukimia dan kanker tenggorokan.

Baca juga: 5 jenis makanan terburuk untuk bayi yang sebaiknya dihindari

2.Minuman ringan

Minuman berasa atau bersoda memang sangat buruk untuk kesehatan. Bagi si kecil takaran yang dianjurkan adalah maksimal 1 gelas sehari. Minuman ringan dan bersoda memiliki kandungan gula yang tinggi,perasa serta pewarna buatan. Hal ini akan mengakibatkan percepatan pembusukan pada gigi. Bahkan minuman kemasan yang berupa jus juga sangat tinggi gula dan zat aditif.

3. Makanan instan

Meski dikemas degan sayuran, mie ataupun pasta yang instan sebaiknya dihindari bagi si kecil. Makanan instan memiliki rasa buatan dan bahan kimia yang dapat menyebabkan alergi dan ketidakseimbangan hormon. Pewarna buatan dapat menyebabkan asma dan sakit kepala serta terlalu banyak garam.

Baca juga: Mengatasi 5 kebiasaan makan yang buruk pada anak

4.Makanan ringan

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan ringan masuk ke dalam makanan yang tidak baik untuk anak. Makanan ringan seperti keripik mengandung tinggi minyak, sodium, perasa buatan serta pewarna buatan. Makanan ringan dapat mengganggu glukosa dan produksi insulin sehingga membuat anak jadi mudah lapar. Bahkan beberapa makanan ringan mengandung akrilamida, senyawa yang dapat menyebabkan keterlambatan berkembang.