Ingin Menjalin Komunikasi yang Baik dengan Anak? Ini yang Perlu Mama Lakukan

By Gisela Niken, Senin, 5 Desember 2016 | 03:15 WIB
Menjalin komunikasi dengan anak bisa dilakukan dengan sederhana (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Hubungan orangtua dan anak bisa jadi hal yang sulit sebab komunikasi yang mungkin tidak berjalan lancar. Orangtua tentu ingin menjadi teman bagi anak dan ingin si kecil terbuka dan menceritakan berbagai hal kepada Mama. Jika ingin menjalin komunikasi yang baik dengan anak, Mama perlu melakukan beberapa hal agar si kecil merasa nyaman dan terbuka untuk menceritakan berbagai hal kepada Mama.

Baca juga: Ini cara tepat berkomunikasi dengan anak

1.Memberikan ruang bagi anak untuk berpendapat dengan caranya

Memberi waktu pada anak untuk berbicara tentu menjadi cara tepat agar si kecil merasa dihargai. Selain itu, biarkan anak ngobrol dengan caranya sendiri. Jangan terlalu banyak memotong pembicaraan atau menganggap cerita yang ia ungkapkan tidak penting. Jangan pula menganggap bahwa pandangan si kecil tidak tepat atau kurang baik. Biarkan ia berani mengungkapkan apa yang ia rasakan. Hal ini juga dapat melatih kemampuan sosialnya.

2.Luangkan waktu sejenak untuk ngobrol

Mama yang bekerja pasti sulit untuk menemukan waktu ngobrol dengan si kecil. Cobalah untuk meluangkan waktu sejenak misalnya sesaat sebelum ia tidur atau pada saat pagi hari. Waktu sejenak saja dapat membantu Mama dan si kecil punya komunikasi yang baik. Jangan lupa untuk menyelipkan waktu ngobrol di sela-sela menonton televisi misalnya.

Baca juga: 4 hal ini dapat merusak komunikasi orangtua dan anak

3.Jadi pendengar yang aktif

Tidak hanya mendengarkan saja, Mama perlu memberikan respon positif kepada si kecil jika sedang berkomunikasi. Gunakan pertanyaan terbuka untuk membantu anak mengeksplorasi lebih lagi. Misalnya saat ia bercerita bermain di taman bersama teman-temannya. Tanyakan padanya apa yang ia temukan? Apa saja permainan yang ia lakukan? Hal ini akan  membuat anak terbiasa untuk menceritakan dengan lengkap apa yang ia rasakan.

Baca juga: Dampak buruk jika orangtua tidak mau berkomunikasi dengan anak

Itu dia beberapa hal yang perlu Mama lakukan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Tidak hanya baik untuk hubungan dan bonding antara Mama dan si kecil, banyak ngobrol dan berkomunikasi yang terbuka juga membuat si kecil lebih banyak punya kosakata dan lebih terampil dalam kemampuan sosial dan bahasanya.