Nakita.id - Status penyebaran virus corona di Indonesia mulai membuat pemerintah melakukan social distancing.
Istilah social distancing pasti menjadi begitu akrab di telinga Moms.
Di tengah pandemi yang tengah terjadi secara global, social distancing diklaim sebagai strategi mencegah atau memperlambat penyebaran virus.
Social distancing adalah serangkaian tindakan pengendalian infeksi yang bertujuan menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit.
Melansir Center for Disease Control and Prevention (CDC), hal ini mencakup upaya menjauhi perkumpulan, menghindari pertemuan massal, dan menjaga jarak antar orang.
Beberapa perusahaan turut mengimbau para karyawannya untuk bekerja dari rumah atau work from home selama 14 hari.
Begitu pun dengan ragam aktivitas lain yang biasa dilakukan, seperti nongkrong di kafe, jalan-jalan ke mal, dan rekreasi dianjurkan untuk dikurangi semaksimal mungkin.
Di zaman modern seperti sekarang ini, bekerja di rumah atau dari jarak jauh membuat seseorang memiliki jadwal yang lebih fleksibel.
Namun, kesulitan muncul karena seseorang cenderung mudah terdistraksi oleh banyak hal, seperti kasur yang nyaman atau video menarik di internet.
Hal ini pastinya membuat kita jadi malas gerak dan akhirnya malah tidak produktif.
Tidak jauh berbeda dengan bekerja di kantor, kita juga rentan terkena berbagai penyakit saat kerja di rumah.
Kalau biasanya Moms bisa lebih banyak terkena sinar matahari saat berangkat ke kantor, kini jadi gampang sakit dan lemas karena kurang paparan sinar matahari.
Namun tak perlu khawatir nih Moms.
Dilansir dari everydayhealth.com, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar tetap sehat, semangat, dan produktif saat kerja di rumah.
1. Hindari kurang fokus
Membuka media sosial atau menonton TV sebentar di tengah-tengah bekerja boleh saja dilakukan untuk melepas penat.
Akan tetapi jangan sampai keterusan, bisa-bisa pekerjaan kita jadi terbengkalai.
Saking serunya, Moms malah keasyikan main media sosial dan akhirnya tidak produktif.
Supaya lebih produktif, hindari berbagai hal yang bisa mengganggu fokus.
Misalnya dengan mematikan TV, menyalakan mode silent di HP, atau menyimpan HP di tas.
Hal ini dilakukan supaya tidak muncul godaan untuk membuka HP setiap ada notifikasi yang masuk.
2. Buat sekitar senyaman mungkin
Kerja di rumah memang lebih fleksibel karena kita bisa bekerja di mana saja.
Entah di kamar tidur, ruang tamu, atau ruang kerja khusus.
Namun, sebaiknya sediakan satu ruang atau sudut khusus untuk tempat bekerja.
Pasalnya, lingkungan yang rapi akan membuat kita lebih tenang dan nyaman.
Selain itu, Moms akan lebih fokus untuk bekerja.
3. Sempatkan jalan keluar
Duduk terlalu lama saat bekerja bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
Baca Juga: Hindari Infeksi, Berikut Panduan Merawat Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal yang Dianjurkan
Mulai dari badan pegal, sakit punggung, leher kaku, risiko obesitas, dan memicu stres.
Moms bisa istirahat dengan pergi ke luar rumah, misalnya dengan jalan-jalan menikmati lingkungan sekitar.
Namun di tengah kondisi mewabahnya virus corona Covid-19, kita sebaiknya mengikuti arahan dari pemerintah untuk mengurangi potensi terkena virus tersebut.
Moms juga bisa coba berjalan sekitar dalam rumah lho.
Source | : | everydayhealth.com |
Penulis | : | Ine Yulita Sari |
Editor | : | Poetri Hanzani |
KOMENTAR