Nakita.id - Apakah Moms pernah merasa kewalahan saat dihantui banyak pekerjaan yang harus selesai dalam satu waktu?
Jika iya, mungkin Moms perlu manajemen waktu yang baik. Salah satu cara yang efektif yakni dengan membuat to-do-list atau daftar kegiatan.
Namun terkadang, melihat daftar kegiatan yang menggunung pun bisa memusingkan. Akibatnya, Moms semakin mudah terdistraksi dan pikiran jadi melayang kemana-mana.
Tahukah Moms, hal ini terjadi karena Moms terlalu fokus pada penyelesaian pekerjaan. Padahal, tubuh dan pikiran juga perlu waktu sejenak untuk menyesuaikan dengan jadwal yang padat.
Baca Juga: Sering Kali Disepelekan, Ternyata 5 Tanda Stres Ini Sering Kali Tidak Disadari Kita
Nah, supaya daftar pekerjaan yang Moms buat tidak sia-sia, berikut ada 5 tips yang bisa Moms ikuti. Yuk, simak penjelasannya.
1. Catat
Saat membuat daftar kegiatan, salah satu cara memulainya adalah dengan mencatat. Moms bisa mencatat di kertas, sticky note, atau ponsel.
Catat segala jadwal dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Sekalipun ada rencana yang belum pasti, tidak ada salahnya untuk tetap memasukannya ke dalam daftar.
Jangan terburu-buru, cukup catat dulu semuanya dan pastikan catatan itu terletak di tempat yang terjangkau supaya Moms tidak lupa.
2. Saring kegiatan
Setelah semua kegiatan tercatat, hal selanjutnya adalah melakukan penyaringan.
Baca Juga: Supaya Si Kecil Tidak Mudah Stres Meski di Rumah Saja, Ajak Lakukan Kegiatan Ini Moms
Sayangnya, banyak yang menganggap penyaringan kegiatan ini hanya membuang-buang waktu. Akibatnya, pekerjaan terasa menumpuk dan tidak ada habisnya.
Dengan menyaring kegiatan, Moms bisa menentukan mana yang bisa langsung diselesaikan dan mana yang perlu dilakukan nanti.
Selain itu, jika dirasa ada pekerjaan yang tidak mungkin dilakukan sendirian, Moms bisa meminta bantuan orang lain supaya terasa lebih ringan.
Menyaring kegiatan juga bisa dilakukan dengan menyingkirkan hal-hal yang sekiranya tidak perlu dilakukan dalam waktu dekat dari daftar kegiatan.
3. Mengatur waktu
Supaya daftar kegiatan terlihat lebih rapi, selanjutnya Moms bisa mulai mengorganisir kegiatan tersebut sesuai kebutuhan.
Baca Juga: Agar Pekerjaan Rumah Cepat Selesai Sambil Urus Anak Ini Dia Triknya
Misalnya, untuk kegiatan simpel seperti belanja, mencuci pakaian, atau mengantar anak, Moms bisa tuliskan semua itu dalam satu daftar kegiatan harian.
Untuk kegiatan yang sudah diatur waktunya, Moms bisa manfaatkan kalendar. Misalnya, akan ada meeting pada tanggal 12 jam 8 pagi. Maka, segera catat di kalendar agar tidak lupa.
4. Lihat situasi
Selain mengorganisir kegiatan, Moms juga perlu memikirkan beberapa situasi, seperti lokasi, energi, dan waktu.
Misalnya saja, Moms tidak mungkin memaksakan diri untuk memikirkan cucian di rumah saat sedang sibuk berbelanja di luar.
Oleh karenanya, fokuslah dari hal yang terdekat dan mudah dijangkau terlebih dahulu.
Saat menyelesaikan pekerjaan, Moms juga harus bisa menyesuaikan dengan energi yang dimiliki tubuh. Apabila badan terasa lelah, lakukan kegiatan yang ringan-ringan terlebih dahulu.
5. Evaluasi
Evaluasi kegiatan secara rutin penting untuk menilai apakah daftar pekerjaan yang dibuat sudah optimal atau belum.
Mulailah dari evaluasi progres, misalnya dengan mengamati apakah hari Moms berjalan dengan produktif atau tidak. Selanjutnya, tentukan jika ada prioritas yang perlu diubah untuk kedepannya.
Nah, itulah 5 tips mudah supaya Moms bisa tetap produktif meski daftar kegiatan menumpuk.
Pada intinya, jangan terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan semuanya dalam satu waktu. Sebab, produktivitas tidak hanya soal menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga mengatur waktu tanpa membebani badan dan pikiran.
Jika memerlukan sedikit relaksasi, cobalah berjalan-jalan sejenak di sekitar rumah. Jangan lupa untuk disiplin mengenakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, dan mencuci tangan (3M).
Penulis | : | Yussy Maulia |
Editor | : | Sheila Respati |
KOMENTAR