Nakita.id - Provider Indihome dan Telkomsel masih gangguan hingga saat ini.
Gangguan yang dialami provider pelat merah tersebut dikeluhkan sejak semalam, Minggu (20/9/2021).
Hingga saat ini, gangguan masih terus terjadi.
Sehingga ada beberapa kendala yang dialami masyarakat, terutama yang saat ini sedang work from home (WFH) atau sekolah daring dan menggunakan salah satu provider tersebut.
Menanggapi gangguan yang dialami, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk membenarkan gangguan yang terjadi di internet fiber optik Indihome dan jaringan seluler Telkomesel.
Ahmad Reza selaku SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom mengungkapkan gangguan yang terjadi pada Indihome dan Telkomsel terjadi akibat adanya problem sistem komunikasi.
Gangguan problem komunikasi tersebut terjadi di laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam Pontianak sejak pukul 17.33 WIB.
“Mohon maaf atas kejadian ini (Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan). Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujarnya seperti dikutip dari Kompas.com.
Gangguan pada Indhihome dan Telkosem tersebut membuat sejumlah layanan Telkom Group dari fixed hingga mobile broadband kualitasnya menurun di beberapa wilayah Indonesia.
Meski sudah ditemukan penyebabnya, hingga kini timnya masih mengidentifikasi penyebab yang membuat adanya gangguan koneksi pada Indihome dan Telkomsel yang masih gangguan.
"Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan Telkom Group dapat kembali normal secepatnya," lanjut Ahmad Reza.
Sementara itu, Denny Abidin selaku Vice President Corporate Communication Telkomsel menyampaikan permohonan maafnya pada pelanggannya atas gangguan yang terjadi.
Gangguan yang terjadi hingga saat ini tercatatkan terjadi di beberapa titik wilayah di antaranya Bali, Nusa Tenggara, Bali, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan sebagian wilayah di Jawa.
Pihak Telkomsel berjanji akan terus mencari penyebab gangguan dan memprioritaskan pemulihan akses dengan cepat.
"Saat ini kami bersama Telkom Group sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan (Indihome dan Telkomsel masih gangguan) dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak.
"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi pada Telkomsel," tutupnya.
Karena terjadinya gangguan pada Indihome dan Telkomsel, beberapa dampak dirasakan, mulai terganggunya akses internet bagi yang WFH, sekolah daring, bahkan di perkantoran yang menggunakan akses dari kedua provider tersebut.
Perempuan Inovasi 2024 Demo Day, Dorong Perempuan Aktif dalam Kegiatan Ekonomi Digital dan Industri Teknologi
Source | : | Kompas.com |
Penulis | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR