Nakita.id – Setelah menyelesaikan bab 3 Matematika Kurikulum Merdeka, mari kita lanjutkan ke bab 4.
Pada bab 4 Matematika Kurikulum Merdeka, materi yang dibahas adalah tentang perbandingan trigonometri.
Dalam materi trigonometri Kurikulum Merdeka, siswa akan mempelajari banyak hal.
Seperti jenis-jenis perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari menggunakan prinsip perbandingan trigonometri.
Sekilas mengenai trigonometri, trigonometri adalah studi pola bermakna mengenai hubungan antara sudut dan sisi segitiga.
Trigonometri berasal dari kata Yunani trigono, yang berarti segitiga, dan metri, yang berarti pengukuran.
Salah satu contoh penggunaan trigonometri adalah Theodolit, yaitu alat yang digunakan oleh pengukur tanah.
Dengan alat ini, pengukur tanah dapat mencari banyak hal.
Mulai dari tingkat kelandaian jalanan, tinggi sebuah tiang, dan bahkan tinggi gedung pencakar langit.
Penggunaan Theodolit ini dalam kehidupan sehari-hari memanfaatkan penerapan konsep perbandingan trigonometri.
Untuk mempelajari perbandingan trigonometri, siswa juga perlu mengingat teorema Pythagoras yang berlaku pada segitiga siku-siku.
Baca Juga: Ringkasan Lengkap Bab 3 Mengenai Vektor dan Operasinya Buku Matematika Kelas X Kurikulum Merdeka
Seperti diketahui, pada segitiga siku-siku berlaku persamaan berikut:
a²+ b²= c2
Selain itu, siswa juga perlu mengingat tentang rasio (perbandingan).
Rasio adalah nilai/bilangan yang menjelaskan keterkaitan antara dua hal.
Misalnya, diketahui nilai perbandingan tinggi penggaris dengan pohon adalah 1/100.
Jika tinggi penggaris 3 cm dan tinggi bayangan 6 cm, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa tinggi pohon adalah 300 cm dan tinggi bayangan pohon adalah 600 cm.
Terakhir, mengingat konsep kesebangunan segitiga.
Konsep ini juga mempunyai hubungan dekat dengan konsep rasio perbandingan.
Dua segitiga dapat memenuhi syarat kesebangun jika:
- Ketiga sudut pada segitiga sama besarnya atau
- Ketiga sisi segitiga sebanding (mempunyai nilai rasio yang sama)
Untuk lebih mudah memahaminya, yuk kita bahas soal dan jawaban Latihan 4.1 halaman 101 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka!
Latihan 4.1
1. Tentukan nama yang tepat untuk setiap sisi segitiga siku-siku pada Gambar 4.12!
Jawaban:
V = Sisi depan
X = Sisi samping
Z = Sisi miring
2. Putri menamakan sisi segitiga sebagai berikut:
Sisi depan adalah sisi m.
Sisi samping adalah sisi n.
Sisi miring (hipotenusa) adalah sisi o.
Coba tuliskan anjuran untuk Putri memperbaiki pemahamannya!
Dalam anjuran kalian, pastikan ada penjelasan alasannya.
Jawaban:
Putri harus memperhatikan letak sudut yang dirujuk.
Sisi depan sudut 30˚ adalah sisi n, bukan sisi m.
Sisi samping sudut 30˚ adalah sisi m, bukan sisi n.
Putri sudah benar mengidentifikasi sisi miringnya, yaitu sisi o.
Nah, itu dia soal dan jawaban Latihan 4.1 halaman 101 buku Matematika kelas X Kurikulum Merdeka.
Semoga bermanfaat!
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR