Nakita.id - Di bab 8 buku IPA SMA kelas X kurikulum merdeka, dibahas mengenai pemanasan global.
Di kurikulum merdeka, pemanasan global merupakan kondisi di mana terjadi peningkatan suhu di bumi.
Pada kurikulum merdeka, diharapkan peserta didik bisa memahami fenomena yang terjadi di sekitar, mengenai pemanasan global.
Suhu di bumi semakin meningkat sehingga menyebabkan udara semakin panas.
Kali ini akan dibahas mengenai Soal B yang ada di halaman 206 buku IPA SMA kelas x kurikulum merdeka.
Soal 1 yang dipertanyakan ada di dalam materi artikel berjudul Inactivation of Viruses on Surfaces by Ultraviolet Germicidal Irradiation yang ditulis oleh Chun-Chieh Tseng dan Chih-San Li.
Dari artikel tersebut, ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab peserta didik:
a. Lingkarilah bagian virus corona manakah yang mengalami kerusakan akibat sinar UV?
b. Analisis tahapan mana dalam replikasi yang terganggu akibat rusaknya struktur tersebut?
Baca Juga: Rangkuman Bab 8 Solusi Mengatasi Pemanasan Global IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka
- Pelekatan
- Injeksi
-Sintesis
- Perakitan
- Lisis
c. Jika kalian ingin melakukan penelitian untuk menguji efektifitas lamanya penyinaran UV terhadap rusaknya struktur virus corona, maka identifikasikan pernyataan yang benar dan salah.
- Variabel terikat dalam penelitian ini adalah lamanya penyinaran UV.
- Akan dilakukan perbandingan jumlah virus yang rusak pada kelompok virus yang diberi penyinaran 10 menit dengan kelompok virus yang diberi penyinaran 30 menit.
- Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar menentukan lamanya penyinaran UV untuk merusak virus corona.
Berikut kunci jawabannya:
a. Jawaban: B. Gambar yang ditunjukkan B merupakan asam nukleat virus corona.
b. - Pelekatan: tidak terganggu
- Injeksi: tidak terganggu
- Sintesis: terganggu
- Perakitan: terganggu
- Lisis: terganggu
Alasannya karena UV merusak struktur asam nukleat sehingga asam nukleat virus mengalami gangguan dan tidak bisa melanjutkan tahap sintesis bagian-bagian virus, begitu pula dengan perakitan dan lisis.
c. Pernyataan:
- Variabel terikat dalam penelitian ini adalah lamanya penyinaran UV. Jawaban: benar.
- Akan dilakukan perbandingan jumlah virus yang rusak pada kelompok virus yang diberi penyinaran 10 menit dengan kelompok virus yang diberi penyinaran 30 menit. Jawaban: benar.
- Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar menentukan lamanya penyinaran UV untuk merusak virus corona. Jawaban: benar.
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR