Nakita.id - Di buku IPA SMA kelas X kurikulum merdeka, terdapat materi pemanasan global.
Tujuan pembahasan pemanasan global di kurikulum merdeka yaitu pemahaman pemanasan global sehari-hari.
Berikut soal latihan terpadu soal B nomor 2 beserta jawabannya di buku IPA SMA kelas X kurikulum merdeka:
Dua ratus orang siswa mengikuti kompetisi sains di Universitas A. Pada kompetisi tersebut, 200 siswa tersebut harus mengikuti program karantina di asrama yang disediakan oleh kampus tersebut selama 6 hari sebelum kompetisi tersebut berlangsung.
Selama enam hari karantina, petugas catering asrama kampus mendapati siswa-siswa tersebut tidak menghabiskan makanannya, sehingga terdapat sampah sisa makanan. Berikut ini merupakan tabel jumlah makanan sisa yang dihasilkan per hari selama periode enam hari.
Porsi makanan siswa peserta lomba diisi penuh sesuai ukuran kemasan kotak makan.
Pada hari terakhir karantina, manajer catering menyebarkan angket saran untuk mengurangi sampah sisa makanan untuk acara berikutnya.
Berikut ini merupakan dua sampel saran:
Saran 1 : Porsi makan siang dan makan malam perlu dikurangi menjadi setengah dari porsi sarapan, sebab ukuran kotak makan siang dan makan malam sepertiga kali lebih besar dari ukuran kotak sarapan, dan sampah makanan sisa makan siang hampir tiga kali lipat dari jumlah sampah saat sarapan.
Baca Juga: Kunci Jawaban Soal B Nomor 1 Latihan Terpadu Halaman 206, IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka
Saran 2 : Tidak perlu mengendalikan jumlah sisa makanan, sebab dampaknya pada berkurangnya produksi biogas di pabrik Biogas kampus, sehingga dapat mengganggu ketersediaan produksi gas dan listrik di kampus.
a. Berdasarkan artikel tersebut tentukan pernyataan tersebut benar atau salah:
- Sampah sisa makanan (organik) akan mengalami fermentasi aerob sehingga dihasilkan gas metana (CH4) yang merupakan polutan penyebab pemanasan global. Jawaban: benar.
- Makan dengan meninggalkan sampah sisa makanan (organik) merupakan penerapan prinsip kimia hijau. Jawaban: salah.
- Sampah sisa makanan (organik) dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik melalui reaksi kimia fermentasi anaerob yaitu: 1 C6H12O6 (s) -> 2 C2H5OH (l) + 2 CO2(g). Jawaban: benar.
- Sampah sisa makanan berupa plastik akan mencemari lingkungan jika dibakar sehingga sebaiknya didaur ulang misalnya dipakai sebagai pot tanaman atau hiasan. Jawaban: benar.
- Sampah sisa makanan (organik) jika dibakar di udara terbuka akan mengalami reaksi kimia menghasilkan gas CO dan CO2 yang tidak berbahaya bagi kesehatan. Jawaban: salah.
b. Prediksilah persamaan reaksi kimia yang terjadi pada sampah sisa makanan (organik) yang dibiarkan tanpa diolah. Bagaimana hasil dari reaksi kimia yang terjadi terkait 12 prinsip kimia hijau? Kalian boleh mencari informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan ini lalu tulislah sumber referensi yang dirujuk.
Jawaban: Sampah yang membusuk di udara terbuka akan menimbulkan pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah.
Pencemaran udara diakibatkan oleh bau terutama gas NH3, H2S, asam-asam alifatik, dan gas karbonmonoksida (CO).
Pencemaran air dan pencemaran tanah diakibatkan oleh cairan lindi yang sebagian besar mengandung amonia (NH3) dan ion nitrat NH3.
Baca Juga: Rangkuman Bab 8 Solusi Mengatasi Pemanasan Global IPA SMA Kelas X Kurikulum Merdeka
Persamaan reaksi kimia yang terjadi pada sampah sisa makanan (organik) yang mengalami pembusukan di udara terbuka:
Sampah/limbah organik -> CH4 (g) + NH3(g) + HNO3 (l) + H2S (g)
Berdasarkan persamaan reaksi kimia tersebut, dihasilkan gas metana (CH4), gas ammonia (NH3), dan gas hidrogen sulfida (H2S).
Selain berbau tak sedap karena mencemari udara, adanya asam nitrat (HNO3) juga mencemari tanah dan air sehingga tanah menjadi asam.
Hal ini tidak sesuai dengan prinsip kimia hijau antara lain prinsip nomor 1 (mencegah limbah).
c. Kemukakan ide Kalian terhadap pemanfaatan sampah sisa makanan (organik) tersebut sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga. Jawaban:
- Ide 1: pemanfaatan sisa makanan organik yang bisa dijadikan ecoenzyme.
- Ide 2: membuat sampah dapur untuk jadi kompos dengan cara menguburnya dalam tanah.
- Ide 3: Membuat biogas dari sampah organik.
- Ide 4: Membuat pupuk tinggi kalium, misalnya dari kulit nanas dan kulit pisang.
d. Jika keseluruhan mahasiswa tersebut adalah vegetarian dan diketahui makanan tersebut dipanen dari sebidang tanah dengan memperoleh energi yang sinar matahari sebesar 1000 joule, maka berapakah energi yang diterima oleh mahasiswa dari makanannya tersebut? Jawaban: Energi yang dicerna tumbuhan 10% x 1000 Joule= 100 Joule; Energi yang diterima mahasiswa 10% x 100 Joule= 10 Joule.
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR