Nakita.id - Akhir-akhir ini, industri kecantikan menjadi salah satu industri yang semakin menjanjikan.
Bahkan sebelum pandemi hingga sekarang, pasar kosmetik telah berkembang pesat seiring dengan membaiknya perekonomian negara dan meningkatnya GDP per kapita.
Pasar kosmetik di Indonesia bernilai USD 6,3 miliar atau setara dengan Rp 91,6 triliun pada tahun 2021.
Diperkirakan pasar kosmetik sendiri akan bertumbuh pesat pada tahun 2022 seiring meredanya efek pandemi.
Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga mencatat kosmetika sebagai kategori produk yang mendapatkan izin edar terbanyak di Indonesia dalam 5 tahun terakhir, yakni sebanyak 411.410 produk baru.
Tentunya produk kosmetik di Indonesia harus lebih diperhatikan kualitas yang aman, baik, juga inovatif.
Bahan baku yang tepat dan berkualitas juga menjadi bagian terpenting untuk mencapai hal tersebut.
Untuk itulah Perkosmi (Persatuan Perusahaan Kosmetika Indonesia) dan Asosiasi Kosmetik di Indonesia kembali mengadakan Indonesia Cosmetic Ingredients (ICI), Expo, and Seminar pada tahun 2022 ini.
Indonesia Cosmetics Ingredients adalah acara pameran & ajang promosi bagi para pemasok lokal dan global sejak 2006 silam, yang bertujuan untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan bahan baku, kemasan, produk, peralatan laboratorium dan mesin mutakhir, serta trend dan teknologi terkini yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kosmetik kepada kalangan industri kosmetika di Indonesia dan di negara ASEAN.
"Sudah 45 tahun PERKOSMI di Indonesia terlibat aktif dalam memajukan industri kosmetika tanah air baik skala usaha kecil hingga skala besar nasional maupun multinasional, bertindak sebagai suara dari industri kosmetika Indonesia, mewakili beragam perusahaan yang terlibat dalam pembuatan, pemasokan, dan penjualan produk kosmetika dan perawatan pribadi," ungkap Sancoyo Antarikso, Ketua Umum Perkosmi, dalam acara pembukaan yang diadakan pada Selasa (25/10/2022).
"Dengan kosmetika produksi lokal semakin mendapatkan tempat di hati konsumen tanah air, PERKOSMI juga akan terus mendorong lahirnya kebijakan strategis dan mengadvokasi perbaikan kebijakan demi lingkungan bisnis yang lebih baik dan menguntungkan," lanjut Sancoyo menyampaikan.
Setelah sempat tertunda selama 2 tahun, tahun ini ICI 2022 digelar pada 25 – 27 Oktober 2022 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat dengan tema 'Raih Pasar Kosmetik Dengan Trend & Teknologi Terkini'.
"Mempersiapkan produk yang aman digunakan oleh konsumen adalah tanggung jawab kita semua," ujar Dra. Reri Indriani, Apt., M.Si, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik BPOM.
"Dengan semakin pesatnya perkembangan industri kosmetika, BPOM percaya bahwa kemajuan tersebut hanya dapat berkembang secara konsisten apabila seluruh pelaku industri dapat mengikuti perkembangan trend dan teknologi terbaru sehingga dapat meningkatkan kualitas produk kosmetik yang mampu berdaya saing namun tetap mengedepankan aspek keamanan, kemanfaatan dan mutu kosmetik," lanjut Reri mengatakan.
Reri menyebut, BPOM mendukung penuh kegiatan ICI 2022 agar terus memberikan manfaat serta bergerak bersama-sama untuk memberikan produk terbaik bagi konsumen Indonesia.
Ungkapan bahagia juga disampaikan oleh Rustam Suleman selaku Ketua Pelaksana ICI 2022.
"Kami senang sekali bisa kembali hadir untuk semakin meningkatkan industri kecantikan di Indonesia, tidak hanya bagi konsumen, tetapi juga untuk produsen, distributor, dan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat didalamnya," ungkap Rustam.
Rustam menyampaikan, ICI 2022 ini merupakan ICI terbesar yang pernah diselenggarakan.
"Diikuti oleh 93 perusahaan, dengan jumlah total stand mencapai 402 stand, terdiri dari 344 Stand Pameran, 44 Stand Finished Goods, 14 stand Instansi Pemerintah dan Universitas," sebutnya.
"Selain itu, ada juga 26 pembicara seminar dari Indonesia dan mancanegara, dengan target pengunjung acara ini adalah 5000 orang," lanjutnya.
Rustam bahkan menyebut bahwa ICI 2022 ini skalanya jauh lebih besar dari tahun lalu.
Ditambah, jumlah stand-nya yang meningkat sebanyak 31% dari total pada tahun 2018 lalu.
Baca Juga: Ciri-ciri Wajah Pakai Kosmetik Mengandung Merkuri Kerap Tidak Disadari, Salah Satunya Kulit Gatal
"Semoga ini menjadi pertanda baik bahwa industri kecantikan akan terus maju kedepannya," ucap Rustam.
Sesuai dengan tema ICI 2022 'Raih Pasar Kosmetik Dengan Trend & Teknologi Terkini', ICI juga memiliki kegiatan menarik.
Salah satunya adalah Zona Inovasi, dimana menampilkan produk kosmetik lokal, bahan baku lokal, juga bahan baku yang telah diekspor ke luar negeri.
Selain itu, ada pula Lab Formulasi yang disediakan untuk beberapa supplier bahan baku sebagai sarana untuk mendemonstrasikan secara langsung formulasi kosmetik kepada pengunjung pameran.
"Melalui acara ini PERKOSMI berharap agar semangat untuk industri kecantikan terus meningkat dan memastikan para konsumen Indonesia bisa mendapatkan produk terbaik di Indonesia," ucap Sancoyo.
"Dan tentunya siap untuk fight back agar bisnis bisa kembali bergeliat setelah pandemi Covid-19," tutup Sancoyo.
Sebagai informasi, ICI 2022 digelar mulai tanggal 25 Oktober 2022 hingga 27 Oktober 2022.
Acara ini diselenggarakan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Selain bisa mengunjungi stand, ada juga seminar dan talkshow menarik yang bisa didatangi oleh pengunjung ICI 2022.
GIV Gelar Kompetisi 'The Beauty of GIVing' Guna Dukung Perjalanan Inspiratif Womenpreneur Indonesia
Penulis | : | Shannon Leonette |
Editor | : | Poetri Hanzani |
KOMENTAR