Nakita.id - Kenapa harus bingung kalau cara membuat daftar isi makalah itu sangat mudah. Peserta didik bisa membuatnya di rumah saja dengan menggunakan MS. Word.
Ada beberapa cara membuat daftar isi makalah yang bisa dilakukan.
Daftar isi berfungsi sebagai petunjuk halaman dari sebuah karya tulis.
Baik itu makalah, skripsi, laporan, buku, dan masih banyak lagi.
Karya tulis yang baik adalah memiliki susunan yang lengkap termasuk menyertakan halaman daftar isi.
Ada 3 cara yang bisa peserta didik lakukan dalam membuat daftar isi makalah.
Tenang, semuanya mudah dilakukan tinggal peserta didik mau pilih cara yang mana.
Berikut ini cara membuat daftar isi makalah agar tugas-tugas cepat selesai.
- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.
- Klik menu References di Microsoft Word.
- Pilih opsi Table of Contents dan klik Automatic Table 1.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Makalah Secara Otomatis, Rapi dan Tidak Berantakan
- Microsoft Word akan otomatis membuat daftar isi dan sub-judul dengan keterangan nomor halaman.
- Peserta didik bisa melakukan edit ulang untuk menyesuaikan urutan daftar isi.
- Untuk memperbarui, klik References, Update Table, pilih antara opsi Update page number only atau Update entire table.
- Opsi Update page number only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.
- Opsi Update entire table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.
- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.
- Kemudian, masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.
Cara membuat daftar isi di Microsoft Word dari Mac OS hampir sama seperti yang di Windows.
- Buka file tulisan atau dokumen yang ingin dibuatkan daftar isi.
- Klik menu References, Update Table, lalu pilih antara opsi
- Update page number only atau Update entire table.
Baca Juga: Tolong Catat Ya! Inilah 3 Contoh Kata Pengantar Makalah Terlengkap
- Opsi Update page number only berfungsi untuk memperbarui nomor halaman.
- Opsi Update entire table berfungsi untuk memperbarui seluruh urutan daftar isi.
- Apabila ada entri yang hilang dari daftar isi, klik Home, Style, Heading 1.
- Kemudian masukkan teks judul dan nomor halaman yang diinginkan untuk memperbarui daftar isi.
Microsoft Word web dapat diakses melalui laman Office.com dan login dengan email serta password seperti cara pada umumnya.
- Klik menu References.
- Pilih opsi Table of Contents.
- Klik Insert Table of Contents.
- Tulis keterangan teks judul dan halaman yang diinginkan sesuai urutan.
- Apabila ingin memperbarui, klik Reference, Update Table of Contents, dan daftar isi akan otomatis diperbarui.
Cara membuat daftar isi di Microsoft Word otomatis ini dapat diterapkan untuk semua versi Ms. Word.
Baca Juga: Fungsi Daftar Pustaka Pada Makalah Beserta Contohnya, Yuk Simak!
Penulis | : | Aullia Rachma Puteri |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR