Nakita.id - Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK kelas X Kurikulum Merdeka, peserta didik diminta memahami teks biografi.
Di buku Bahasa Indonesia SMA/SMK kelas X Kurikulum Merdeka, materi teks biografi ada di Bab 5.
Di Kurikulum Merdeka, peserta didik akan membaca teks biografi dan mengerjalan beberapa latihan.
Berikut ringkasan mengenai materi teks biografi:
- Kata biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup dan graphien yang berarti tulis.
- Teks biografi memiliki arti berupa tulisan yang menjelaskan kehidupan seseorang berdasarkan fakta, data, dan peristiwa yang dialami.
- Penggunaan bahasa dalam teks biografi harus lugas dan tidak bias.
- Isi biografi diantaranya biodata, hingga pandangan, sikap, perasaan, serta pemikiran tokoh.
- Tujuan dituliskannya teks biografi supaya menjadi pembelajaran hidup atau inspirasi yang bermanfaat bagi pembaca.
- Ide pokok merupakan topik yang kemudian jadi pokok yang dikembangkan dalam paragraf.
- Letak ide pokok dibagi menjadi 3 jenis, yaitu awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), dan campuran keduanya.
- Dinamika karakter tokoh serta pemikiran melalui perkataan, tindakan, dan sikap tokoh.
- Struktur teks biografi terdiri dari orientasi, masalah, dan reorientasi.
- Orientasi: pengenalan tokoh melalui identitas atau sosok biografi.
- Masalah: berupa berbagai kejadian yang dialami tokoh hingga akhirnya mencapai mimpi, cita-cita, dan kesuksesan.
- Reorientasi: bagian penutup berupa kesimpulan.
- Kaidah penggunaan tanda baca diatur dalam PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).
- Dalam teks biografi banyak penggunaan kata serapan yang harus benar penulisannya.
- Langkah-langkah menulis teks biografi: memilih tokoh, pencarian data, memilah data, menyusun kerangka tulisan, mengembangkan kerangka, revisi, publikasi.
- Memilih tokoh merupakan langkah pertama dalam menulis teks biografi, pastikan memilih tokoh yang menginspirasi, misalnya pahlawan.
- Teknik pencarian data ada beberapa macam, diantaranya wawancara, melihat dokumen, pengumpulan foto, video, dan sebagainya.
- Mencari data tentang tokoh bisa dari identitas lengkap, pendidikan, prestasi, dan sebagainya.
- Memilah data yang relevan berupa memastikan hanya memilih data-data penting.
- Menyusun kerangka tulisan sesuai struktur, yaitu orientasi, masalah, dan reorientasi.
- Setelah kerangka tulisan disusun kemudian dikembangkan hingga jadi satu teks yang utuh.
- Revisi tulisan bagi dalam segi penulisan, tanda baca, kata serapan, struktur kalimat, dan sebagainya.
- Publikasi bisa dilakukan di blog, media sosial, majalah dinding, tabloid, dan sebagainya.
Itulah dia rangkuman mengenai teks biografi.
Untuk memahami teks biografi, peserta didik bisa membaca teks yang disediakan di buku.
Setelah membaca teks dan memahaminya, peserta didik bisa mulai menulis teks biografi.
Dalam menulis teks biografi, harus dipastikan benar dalam penulisannya.
Tokoh yang ditulis juga harus menginspirasi.
Semoga bermanfaat!
Serunya Kegiatan Peluncuran SoKlin Liquid Nature French Lilac di Rumah Atsiri Indonesia
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR