Nakita.id - Banyak yang bertanya-tanya mengenai cara membuat daftar isi.
Membuat daftar isi merupakan hal penting karena pada dokumen atau karya tulis, wajib menyertakannya.
Daftar isi bisa memudahkan pembaca dalam memilih halaman bagian yang akan dibaca.
Pembaca juga jadi lebih memahami mengenai materi yang dibahas penulis.
Tujuan lain dari adanya daftar isi supaya pembaca melihat sekilas informasinya kemudian menentukan apakah memang informasi dalam buku itu yang dibutuhkan atau tidak.
Manfaat lainnya dari daftar isi adalah membantu penulis mengorganisir ide-ide.
Supaya penulis tahu apakah ada hal yang terlewat atau tidak.
Daftar isi terletak di bagian depan.
Terdapat halaman sendiri yang khusus menuliskan daftar isi.
Daftar isi berisi bab dan sub bab beserta judulnya.
Judul pada bab dan sub bab inilah yang bisa memberikan garis besar isi dokumen.
Baca Juga: Anti Ribet dan Minim Kesalahan, Berikut Cara Membuat Daftar Isi Manual
Kemudian di samping judul bab atau sub bab terdapat titik-titik dilanjutkan dengan nomor halaman.
Membuat daftar isi bisa dilakukan melalui Microsoft Word berbagai generasi.
Namun, cara membuat daftar isi dari beberapa versi Microsoft Word bisa berbeda.
Berikut cara mudah membuat daftar isi menggunakan Microsoft Word 2007:
Pada Microsoft Word 2007, bisa membuat daftar isi secara otomatis.
Mula-mula, atur bagian Style Heading untuk membuat daftar isi.
Misalnya, Style Heading 1 untuk bab, dan style Heading 2 untuk sub bab, dan seterusnya.
Berikut cara mengatur Style Heading:
1. Ketukkan judul bab atau subbab
2. Blok judul bab atau sub bab
3. Klik Heading yang diinginkan sesuai urutan bab atau sub bab
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010, Simak Contoh Lengkapnya!
Cara membuat daftar isi otomatis Microsoft Word 2007:
1. Klik tab References
2. Klik Table of Contents lalu pilih template yang disediakan sebagai berikut:
- Pada bagian Show pages number pilih menampilkan atau menyembunyikan nomor halaman.
- Di Right Align Page Numbers untuk memilih tipe nomor halaman rata kanan atau langsung setelah penulisan teks daftar isi.
- Tab leader untuk memilih jenis leader yang ditampilkan.
- Di Format, pilih salah satu format daftar isi yang diinginkan.
- Pada bagian Option berisi pengaturan lebih lanjut mengenai daftar isi.
3. Klik OK
Itulah dia penjelasan cara membuat daftar isi pada Microsoft Word 2007.
Selamat mencoba!
Baca Juga: Contoh Daftar Isi Proposal dan Skripsi, Lengkap Penjelasan Cara Membuatnya
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR