Nakita.id - Kalian pasti sudah tidak asing dengan aplikasi pengolah data, Microsoft Excel.
Micorsoft Excel memungkinkan pengguna untuk mengolah dan menghitung data yang bersifat numerik atau angka.
Selain itu, microsoft excel juga bisa melakukan penghitungan dasar, penggunaan rumus, pembuatan tabel hingga grafik.
Dalam kehidupan sehari-hari, microsoft excel bisa digunakan untuk berbagai fungsi:
- membantu menyelesaikan soal matematika
- membuat anggaran keuangan
- membuat catatan pemasukan dan pengeluaran
- mambuat laporan
Salah satu hal dasar yang diperlukan untuk menggunakan Ms Excel adalah melakukan penomoran.
Kalian bisa melakukan penomoran dengan mudah melalui sejumlah cara ini.
Yuk simak!
Baca Juga: Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2007
Melansir Kompas dari laman microsoft, berikut cara mudah memberikan nomor saat menggunakan Ms Excel.
1. Dua sel pertama
- Ketik angka pertama yang diurutkan
- ketik angka kedua di sel berikutnya untuk membuat pola
- misalnya 1,2 atau 2,4 dst
- blok dua sel yang berisi nilai awal tersebut
- seret ikon + yang muncul saat kursor ditelakkan di pojok kanan dari sel aktif, kemudian klik kiri lalu tahan kursor ke bawah
- nomor akan terbentuk sendiri
2. Gunakan fungsi row
- ketik =ROW(A1) pada sel pertama
- fungsi ROW akan mengembalikan nomor baris yang direferensikan, sehingga =ROW(A1) maka mengembalikan angka 1.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word 2010, Simak Contoh Lengkapnya!
- Seret ikon + di pojok kanan bawah kemudian tarik ke bawah untuk membuat angka berurutan.
3. Gunakan fill series
- ketika angka pertama di sel
- pilih Fill>Series
- isikan angka pertama pada "Step Value" dan terakhir "Stop Value"
- sesuaikan urutan angka yang diinginkan apakah mendatar atau menurun dengan memilih "Rows" atau "Columns"
- klik "OK"
Baca Juga: Tutorial Cara Membuat Daftar Isi dari Microsoft Word 2016, Yuk Simak!
Penulis | : | Diah Puspita Ningrum |
Editor | : | Diah Puspita Ningrum |
KOMENTAR