Nakita.id - Simak pembahasan kunci jawaban pada lembar aktivitas lembar aktivitas 3 Halaman 164 IPS kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka.
Dengan memahami penjelasan soal, siswa dapat dengan mudah belajar mengenai materi yang diajarkan.
Pada halaman ini, siswa akan belajar mengenai Tema 3 tentang Ilmu Ekonomoi.
Supaya dapat membantu dalam proses belajar, simak penjelasan pembahasan soal pada lembar aktivitas 3 Halaman 164 IPS kelas 10 SMA
Lembar Aktivitas 3
Bagaimana Mengelola Uang secara Efektif?
Budi seorang pelajar SMA kelas X. Setiap bulan orang tuanya memberikan uang saku sebesar Rp 450.000. Peruntukkan uang saku sesuai kesepakatan dengan orang tuanya adalah untuk beberapa pengeluaran, yaitu makan siang, dana transportasi, dana komunikasi, dana sosial, dan menabung. Apabila kalian menjadi Budi, hal apa sajakah yang akan kalian lakukan sehingga dapat mengelola uang dengan efektif?
Petunjuk kerja:
- Kerjakan tugas secara mandiri!
- Tulis dan hitung pengelolaan uang di buku kalian!
- Sampaikan pendapat kalian di kelas!
Baca Juga: Kunci Jawaban Lembar Aktivitas 2 Halaman 156-161 IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka
Tugas
1. Sebagai Budi, kalian diminta untuk membuat pengelolaan keuangan, bagaimana mengelola uang tersebut secara efektif dengan memperhatikan berbagai pengeluaran?
Jawaban:
Pengelolaan Keuangan Budi
Uang Saku Sebesar Rp 450.000.
Dalam 1 bulan, berangkat sekolah 20 hari karena 1 pekan 5 hari sekolah. Karena Muslim, Budi melaksanakan puasa setiap Senin dan Kamis secara rutin.
- Makan Siang: 12 hari x Rp 10.000 = Rp 120.000
- Dana Transportasi (Angkutan Kota PP): 20 hari x Rp 8000 = Rp 160.000
- Dana Komunikasi Paket Kuota 30 hari: Rp 85.000
- Dana Sosial setiap Jumat di sekolah: 4 hari x Rp 5000 = Rp 20.000
- Dana Cadangan: Rp 30.000
Baca Juga: Kunci Jawaban Lengkap Soal Evaluasi Esai Halaman 143 IPS Kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka
- Menabung: Rp 35.000
2. Tulislah hal-hal yang mesti Budi masukkan sebagai prioritas kebutuhan serta jumlah pembagian uangnya!
Jawaban:
Prioritas kebutuhan. Budi wajib memprioritaskan makan siang, biaya transportasi, dan dana komunikasi yang digunakan untuk sekolah dan mengerjakan tugas sekolah.
3. Jelaskan alasan rasional mengapa Budi harus mengatur skala prioritasnya?
Jawaban:
Alasan rasional Budi harus mengatur skala prioritasnya. Apabila Budi tidak mengatur skala prioritas, uang Rp 450.000 tak akan relatif untuk memenuhi kebutuhan dia menjadi seorang pelajar.
4. Jika Budi mendapatkan tambahan uang saku sebesar Rp 150.000. Susunlah perubahan skala prioritas dan jelaskan alasan rasionalnya!
Jawaban:
Tak ada perubahan skala prioritas, uang tersebut bisa digunakan Budi buat menabung ataupun dana darurat.
Itu dia pembahasan soal lembar aktivitas 3 Halaman 164 IPS kelas 10 SMA Kurikulum Merdeka yang bisa dijadikan bahan untuk belajar.
Penulis | : | Syifa Amalia |
Editor | : | Cynthia Paramitha Trisnanda |
KOMENTAR