Nakita.id - Apakah Moms dan Dads sudah menciptakan bonding dengan anak?
Dengan melakukan bonding, maka akan terbentuk ikatan emosional yang baik dan dekat dengan keluarga.
Oleh karenanya, bonding sangat baik untuk mendukung pertumbuhan emosional anak.
Bertepatan dengan hari ibu yang jatuh pada 22 Desember 2022, Zwitsal mengadakan event khusus yang melibatkan kehadiran 1.000 orang ibu secara langsung maupun via daring.
Bersamaan dengan ini, Zwitsal juga meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna.
Kampanye ini diawali dengan gelaran Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna yang menghadirkan ragam inspirasi dan aktivitas.
Salah satunya yakni diskusi interaktif mengenai pentingnya menciptakan momen bonding bermakna bersama anak.
Dalam acara ini juga turut hadir Nikita Willy dan Indra Priawan bersama buah hati mereka yang kerap disapa Baby Issa.
Nikita Willy, sebagai Brand Ambassador Zwitsal juga ikut berbagi cerita mengenai momen bonding-nya dengan anak.
“Aku sangat mengerti tekanan yang sering ditemui oleh new parents sepertiku dan suami," katanya dalam konferensi pers di FX Sudirman, Kamis (22/12/2022).
"Di saat kita sendiri masih banyak belajar menjadi orang tua, terkadang komentar dari lingkungan sekitar ataupun media sosial membuat kita merasa cemas sampai gemas sendiri," lanjutnya.
Namun, Nikita mengatakan bahwa hanya ia dan suami yang paling tau apa yang terbaik untuk Issa.
"Yang paling penting adalah bagaimana kami bertiga selalu punya waktu untuk membangun attachment secara fisik ataupun emosional," kata Nikita.
"Misalnya saat memandikan Issa, momen ini jadi kesempatan buatku dan suami untuk menyentuh Issa dengan lembut dan berkomunikasi sambil bercanda," lanjutnya.
"Melalui momen-momen seperti ini, aku harap Issa percaya bahwa aku dan suami selalu bisa jadi orang-orang pertama yang dapat ia andalkan hingga nanti.” ujarnya lagi.
Pada momen ini juga hadir Samanta Elsener, M.Psi, Psikolog Anak dan Keluarga.
Samanta menjelaskan, manfaat bonding antara orang tua terutama Moms dan Dads dengan Si Kecil.
Namun, keinginan orang tua untuk menjadi sosok yang sempurna dapat menimbulkan beragam dampak negatif.
"Misalnya seperti mudah cemas, rentan terhadap stres bahkan depresi, selalu merasa ’kurang‘ dalam menjalankan peran sebagai ibu," kata Samanta.
"Sehingga ibu terjebak dalam mompetition atau mom shaming, yang ternyata dialami oleh 88% ibu millennials dan Gen-Z di Indonesia," lanjutnya.
Samanta juga menekankan, penting bagi orang tua untuk melepaskan diri dari tekanan lingkungan sekitar.
"Yakini bahwa sebetulnya, hal terpenting dari perjalanan sebagai orang tua adalah membangun ikatan emosional yang erat dengan anak mereka, yang dapat diciptakan melalui momen-momen bonding yang bermakna.” lanjutnya.
Dijelaskan olehnya, bahwa ada begitu banyak manfaat dari momen bonding bagi pertumbuhan emosional Si Kecil.
"Misalnya seperti membuat anak selalu merasa aman dan tenang, dan lebih percaya diri mengeksplorasi berbagai hal baru," kata Samanta.
"Kemudian membentuk rasa percaya pada orang lain, memiliki self-awareness yang baik, merasa dirinya berharga, hingga mampu berempati pada orang lain ,” lanjutnya.
Nah Moms,memperingati 50 tahun kehadirannya di Indonesia sekaligus merayakan Hari Ibu, Zwitsal meluncurkan kampanye #MomenBondingBermakna.
Mahnessa Siregar atau Nessa, Head of Deodorant and Baby Care Unilever Indonesia mengatakan bahwa, melalui kampanye #MomenBondingBermakna, Zwitsal ingin memfasilitasi para orang tua dengan berbagai kegiatan online maupun offline yang menginspirasi.
Salah satunya melalui video tentang 3 sosok orang tua yang menghadapi tantangan tersendiri dalam berupaya menjadi sosok yang ‘sempurna’ bagi anak mereka.
Zwitsal memahami bahwa salah satu bentuk momen bonding paling efektif adalah melalui skin to skin contact yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman.
Hal ini sejalan dengan tujuan Zwitsal yang ingin menjadikan momen perawatan bayi sehari-hari menjadi momen bonding yang bermakna melalui skin to skin contact antara orang tua dan anak.
Selain itu, hari ini Zwitsal juga mempersembahkan kelas Baby Spa sebagai salah satu cara untuk menciptakan momen bonding bermakna.
Kegiatan ini melibatkan 1.000 ibu secara offline maupun online, kegiatan ini berhasil memecahkan rekor kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianparent.
Baca Juga: Tak Disangka! Ternyata Ini Manfaat Memberikan Sentuhan Langsung pada Anak menurut Psikolog
ShopTokopedia dan Tasya Farasya Luncurkan Kampanye ‘Semua Jadi Syantik’, Rayakan Kecantikan yang Inklusif
Penulis | : | Kintan Nabila |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR