Nakita.id – Bab 2 Matematika kelas XI SMA Kurikulum Merdeka tentang lingkaran sudah selesai dibahas.
Kini, kita akan lanjut membahas bab 3 mengenai statistika.
Adapun subbab pertama yang dijelaskan adalah tentang diagram pencar atau diagram scatter.
Diagram pencar atau diagram scatter digunakan saat perlu menyajikan data yang terdiri atas dua variabel kuantitatif atau sering juga disebut sebagai data bivariat.
Variabel independen adalah variabel yang akan digunakan untuk membuat prediksi terhadap nilai variabel dependen.
Variabel independen digambarkan pada bagian sumbu X di diagram pencar, sedangkan banyak subscribers disebut sebagai variabel dependen.
Variabel dependen adalah variabel yang nilainya dipengaruhi oleh variabel independen. Variabel dependen digambarkan pada sumbu Y di diagram pencar.
Hal lain yang perlu dibedakan adalah konsep korelasi dan sebab-akibat.
Dua variabel dikatakan mempunyai hubungan sebab-akibat jika perubahan pada salah satu variabel mengakibatkan perubahan pada variabel lainnya.
Hanya karena dua variabel memiliki korelasi, tidak berarti selalu ada hubungan sebab-akibat pada keduanya, karena korelasi hanya melihat pada polanya.
Agar lebih memahaminya, yuk langsung saja kita coba isi Latihan 3.1 halaman 87.
Baca Juga: Rangkuman Materi Lingkaran Bab 2 Matematika Kelas 11 SMA Kurikulum Merdeka
Berikut ini jawaban Latihan 3.1 halaman 87 nomor 1 dan 2 buku Matematika kelas XI SMA Kurikulum Merdeka.
Latihan 3.1
1. Perhatikan pasangan-pasangan variabel di bawah ini.
Tentukan bagaimana hubungan mereka dan berikan alasan kalian.
a. Banyak kendaraan bermotor dan tingkat polusi udara.
b. Jarak yang ditempuh oleh sebuah motor dan volume bensin dalam tangki bensin.
c. Biaya listrik dan biaya air per bulan.
Jawaban:
a. Semakin banyak kendaraan bermotor, semakin meningkat tingkat polusi udara.
Alasan: kendaraan bermotor menghasilkan polusi udara dari asap kendaraan bermotor.
b. Semakin jauh jarak yang ditempuh oleh sebuah motor, semakin berkurang volume bensin dalam tangki bensin.
Alasan: kendaraan bermotor menggunakan bensin sebagai sumber tenaga untuk bergerak.
c. Tidak ada hubungan antara biaya listrik dan biaya air.
Alasan: penggunaan listrik dan air bersifat terpisah.
2. Rizki ingin mengetahui hubungan tingkat kelulusan SMA dan tingkat kemiskinan. Data yang diperoleh oleh Rizki disajikan dalam bentuk diagram pencar berikut.
a. Bagaimana pola penyebaran titik-titik yang telah digambar pada diagram di atas?
b. Kesimpulan seperti apa yang dapat kalian ambil mengenai hubungan persentase kelulusan SMA dan persentase kemiskinan?
Jawaban:
a. Titik-titik mempunyai kecenderungan semakin menurun ke bawah jika dilihat dari kiri atas ke kanan bawah.
b. Semakin tinggi persentase kelulusan SMA maka semakin rendah persentase kemiskinan.
Nah, itulah dia jawaban Latihan 3.1 halaman 87 nomor 1 dan 2 buku Matematika kelas XI SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR