Nakita.id – Mata pelajaran IPA kelas X SMA masih membahas bab 2 tentang virus dan peranannya. Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita sudah mempelajari tentang proses reproduksi virus.
Kini, kita akan coba kerjakan soal yang diberikan, yaitu soal Ayo Berlatih halaman 39. Yuk, disimak!
Ayo Berlatih
1. Urutkanlah proses tahapan proses replikasi virus berikut.
- Tahap pelekatan
- Tahap perakitan
- Tahap sintesis
- Tahap sel lisis
- Tahap penetrasi
Dilihat dari tahapannya, siklus apakah yang terjadi?
Jawaban:
Baca Juga: Jawaban Soal Aktivitas 2.2 Halaman 37 tentang Reproduksi Virus, IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka
Urutan tahapan: tahap pelekatan, penetrasi, sintesis, perakitan dan sel lisis.
2. Identifikasilah persamaan dan perbedaan siklus litik dan lisogenik dengan menggunakan diagram venn berikut.
Jawaban:
Persamaan dan perbedaan
3. Berikut adalah penggalan berita hoax atau bohong tentang bagaimana virus corona memperbanyak diri.
Virus corona yang tanpa sengaja menempel pada kulit tangan, akan menginfeksi sel-sel pada kulit tangan. Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus.
Itulah mengapa kita harus mencuci tangan agar virus tidak menginfeksi sel kulit.
a. Berdasarkan paragraf tersebut, pernyataan mana sajakah yang benar?
b. Menurut kalian, kegiatan laboratorium manakah yang dapat membuktikan bahwa mencuci tangan dapat mengurangi infeksi virus?
Baca Juga: Proses Reproduksi Virus, Materi Bab 2 IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka
Apa alasan kalian menyatakan benar atau salah?
Jawaban:
a. Pernyataan yang benar: Ketika virus corona menempel pada permukaan sel inang, virus menginjeksikan RNA ke dalam sel inang dan memerintahkan sel inang untuk memproduksi partikel virus
b. Kegiatan laboratorium
- Mengamati di bawah mikroskop elektron sel kulit tangan yang terpapar virus corona dan sel kulit tangan yang telah dicuci dengan sabun. Jawaban: Salah
- Membandingkan jumlah yang tertular Covid-19 antara kelompok orang yang tidak mencuci tangan dan yang selalu mencuci tangan setelah kontak dengan penderita Covid-19. Jawaban: Benar
- Mencampur virus corona dengan air sabun kemudian mengecek strukturnya di bawah mikroskop elektron. Jawaban: Benar
Alasan: Untuk menguji adanya keberhasilan dalam penggunaan sabun dalam mengurangi infeksi virus corona, dapat dilakukan dengan membandingkan jumlah yang terkena Covid-19 antara kelompok orang yang mencuci tangan dengan yang tidak ataupun melihat struktur virus yang telah mengalami kontak dengan sabun untuk melihat apakah sabun efektif merusak struktur virus sehingga peluang untuk menginfeksinya kecil.
Virus corona tidak menyerang sel kulit tangan sehingga kurang tepat untuk mengobervasinya di bawah mikroskop elektron.
Nah, itu dia jawaban soal Ayo Berlatih halaman 39 buku IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat!
Baca Juga: Jawaban Lengkap Soal Ayo Berlatih Halaman 36, IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka
Penulis | : | Ratnaningtyas Winahyu |
Editor | : | Ratnaningtyas Winahyu |
KOMENTAR