Nakita.id - Pada bab 4 mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA kelas XI kurikulum merdeka, ada bahasan mengenai teks berita.
Kali ini, akan dibahas mengenai kunci jawaban kegiatan mengidentifikasi gagasan dan pandangan penulis dalam teks berita.
Tapi, sebelumnya peserta didik perlu memahami apa itu piramida terbalik.
Dalam menyusun berita di media massa, berlaku peraturan piramida terbalik. Gambarannya seperti berikut ini:
1. Pokok (paling penting untuk didahulukan)
2. Penjelasan (merupakan informasi yang turut mendukung pada pokok pemberitaan.
3. Penjelasan berikutnya sebagai pendukung teks berita, yang kemunculannya boleh ditiadakan kalau ruang untuk mengisi berita itu sudah penuh.
Sebelum menilai gagasan dan pandangan dalam teks berita, terlebih dahulu peserta didik harus belajar mengidentifikasi informasi dalam teks berita itu sendiri.
Tahapan identifikasi gagasan dan pandangan penulis pada suatu teks berita adalah sebagai berikut:
1. Membaca teks berita dengan cermat.
2. Mengidentifikasi pernyataan fakta dan opini dalam teks tersebut.
3. Mengidentifikasi informasi yang memiliki nilai kebaruan dan kemanfaatan dalam teks tersebut. Misalnya, dalam teks tentang daur ulang sampah, penulis menyampaikan gagasannya tentang pengelolaan sampah melalui kegiatan daur ulang sampah.
Berikut kunci jawaban kegiatan mengidentifikasi gagasan dan pandangan penulis dalam teks berita berjudul “Bumi Kardus: Menjaga Bumi dengan Kreasi Daur Ulang Sampah Kardus”.
Pastikan peserta didik menggunakan kunci jawaban ini dengan bijak, yaitu sebagai pedoman belajar.
1. Gagasan: Daur ulang sampah bisa menjadi apa saja, termasuk kreasi mainan yang dibuat oleh Bumi Kardus.
Uraian: Kalimat ini menunjukkan gagasan dari penulis, yaitu mendaur ulang sampah kardus dengan cara mengkreasinya menjadi mainan anak-anak.
2. Gagasan: Selain membuat karya dari kardus, Sanjaya Arifin, CEO Bumi Kardus, mengatakan bahwa mereka juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui workshop mengenai pemanfaatan limbah kardus.
Uraian: Kalimat ini menunjukkan gagasan dari penulis, yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pemanfaatan limbah kardus.
3. Gagasan: “Kurikulumnya pun disesuaikan dengan usia sehingga workshop pemanfaatan
media kardus ini tidak hanya untuk anak-anak, tetapi bisa untuk orang tua, atau tim building bagi karyawan perusahaan,” kata Arifin.
Uraian: Kalimat ini menunjukkan gagasan dari penulis, yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat dengan kurikulum yang disesuaikan dengan tingkatan usia.
4. Gagasan:Bumi Kardus juga secara tidak langsung berkampanye melalui kerja sama pembuatan booth pameran, dekorasi event, dan backdrop yang sangat ramah lingkungan menggunakan kardus.
Uraian: Kalimat ini menunjukkan gagasan dari penulis, yaitu berkampanye melalui kerja sama pembuatan booth pameran, dekorasi event, dan backdrop yang sangat ramah lingkungan menggunakan kardus.
Baca Juga: Langkah Mengevaluasi Teks Berita, Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka
Perempuan Inovasi 2024 Demo Day, Dorong Perempuan Aktif dalam Kegiatan Ekonomi Digital dan Industri Teknologi
Penulis | : | Kirana Riyantika |
Editor | : | Kirana Riyantika |
KOMENTAR